Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Make And Match Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Karya Mulya Sari
(1) PGSD Universitas Negeri Makassar
(2) SDN 1 Karyamulyasari
(3) UPT SPF SDN Percontohan PAM
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.70713/pjp.v3i1.30052
Abstract
Permasalahan Penelitian ini adalah Prestasi belajar matematika pada materi pecahan yang diraih siswa sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika melalui kartu bilangan dengan menerapankan model pembelajaran make and match pada siswa kelas IV SDN 1 Karya Mulyasari Kec. Candipuro Lampung Selatan tahun pelajaran 2018/2019. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pengamatan aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Analisis data menggunakan Analisis Data Triangulasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran make and match dalam proses pembelajaran matematika pada siswa kelas IV SDN 1 Karya Mulyasari dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai aktivitas siswa pada siklus I sebanyak 27 siswa (56,25%), dan siklus II sebanyak 41 siswa (85,42%), sementara persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebanyak 25 siswa (52,08%), dan siklus II sebanyak 42 siswa (87,50%). Kesimpulan, penerapan model pembelajaran make and match melalui kartu bilangan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran matematika kelas IV SDN 1 Karya Mulyasari Kecamatan Candipuro Kabupaten Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2018/2019.
Kata kunci : Aktivitas, prestasi belajar, make and match.
Full Text:
PDFReferences
Format Template Artikel PPG Dalam Jabatan oleh Divisi Penjaminan Mutu Program Pengembangan Profesi Guru Universitas Negeri Makassar tahun 2021
Kurikulum 2013 SDN 1 Karya Mulya Sari Tahun 2021
Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers
Poerwanti, Endang. Dkk. 2008. Assesmen Pembelajaran SD. Dirjen Dikti Depdiknas. Jakarta.
Susilana, Rudi. Riyana, Cepi. 2009. Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.
Article Metrics
Abstract view : 121 times | PDF view : 39 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pjpgsd@unm.ac.id
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats