Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Make And Match Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Karya Mulya Sari

Amir Pada(1*), Septina Septina(2), Muhammad Kadri Karim(3),

(1) PGSD Universitas Negeri Makassar
(2) SDN 1 Karyamulyasari
(3) UPT SPF SDN Percontohan PAM
(*) Corresponding Author



Abstract


Permasalahan Penelitian ini adalah Prestasi belajar matematika pada materi pecahan yang diraih siswa sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika melalui kartu bilangan dengan menerapankan model pembelajaran make and match pada siswa kelas IV SDN 1 Karya Mulyasari Kec. Candipuro Lampung Selatan tahun pelajaran 2018/2019. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pengamatan aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Analisis data menggunakan Analisis Data Triangulasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran make and match dalam proses pembelajaran matematika pada siswa kelas IV SDN 1 Karya Mulyasari dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai aktivitas siswa pada siklus I sebanyak 27 siswa (56,25%), dan siklus II sebanyak 41 siswa (85,42%), sementara persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebanyak 25 siswa (52,08%), dan siklus II sebanyak 42 siswa (87,50%). Kesimpulan, penerapan model pembelajaran make and match melalui kartu bilangan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran matematika kelas IV SDN 1 Karya Mulyasari Kecamatan Candipuro Kabupaten Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2018/2019.

Kata kunci : Aktivitas, prestasi belajar, make and match.

 


Full Text:

PDF

References


Format Template Artikel PPG Dalam Jabatan oleh Divisi Penjaminan Mutu Program Pengembangan Profesi Guru Universitas Negeri Makassar tahun 2021

Kurikulum 2013 SDN 1 Karya Mulya Sari Tahun 2021

Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers

Poerwanti, Endang. Dkk. 2008. Assesmen Pembelajaran SD. Dirjen Dikti Depdiknas. Jakarta.

Susilana, Rudi. Riyana, Cepi. 2009. Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.


Article Metrics

Abstract view : 73 times | PDF view : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats