Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Poblem Based Learning di Kelas IV SD Negeri Fulolo

Nur Abadi Giawa(1*), Nurhaedah Nurhaedah(2), Muh. Hamkah(3),

(1) SDN 078457 Fulolo
(2) PGSD Universitas Negeri Makasar
(3) SD Negeri Tidung
(*) Corresponding Author



Abstract


 

Abstrak

 

Penelitian ini dilatarbelakang oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 078457 Fulolo, Kecamatan Mandrehe Utara, Kabupaten Nias Barat pada Tema Berbagai Pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada Tema Berbagai Pekerjaan dan Pahlawanku di kelas IV SD Negeri 078457 Fulolo dengan jumlah siswa 8 orang. Teknik pengumpulan data dari lembar hasil belajar siswa dan data observasi. Penelitian ini terdiri dari 2 (dua) siklus dimana terdapat satu kali pertemuan kegiatan pembelajaran pada tiap siklusnya. Pada Siklus I menunjukkan nilai rata-rata siswa 65,00 dan pada siklus II meningkat menjadi 90,00. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sangat berpengaruh atau dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada tema Berbagai Pekerjaan dan Pahlawanku di Kelas IV semester I di SD Negeri 078457 Fulolo, Kecamatan Mandrehe Utara, Kabupaten Nias Barat tahun pelajaran 2021/2022.

Kata Kunci :Hasil Belajar Peserta Didik, Problem Based Learning, Tema Berbagai Pekerjaan


Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT. Refika Aditama.

Arikunto, Suharsimi, (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. Aqib, Z. (2006). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru. Bandung: YRAMA WIDYA.

Amir, M. T. (2008). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning: Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pembelajar di Era Pengetahuan, Jakarta: Prenadamedia Group. Hadiyanti, R. (2017). Penggunaan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Skripsi UNPAS Bandung: Tidak Diterbitkan.

Kemendikbud, (2016). Panduan Penilaian Untuk Sekolah Dasar (SD). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar.

Permendikbud Nomor 53 Tahun 2015. Jakarta : Kemendikbud. Permendikbud Nomor 53 Tahun (2016). Jakarta: Kemendikbud.


Article Metrics

Abstract view : 53 times | PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats