Penerapan Model Pembelajaran Contekstual Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas I

Nina Maulina(1*), Muhammad Amran(2), Syahrani Syahrani(3),

(1) UPT SPF SD INPRES BORONG JAMBU III
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Inpres Unggulan BTN PEMDA Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas I melalui Model Pembelajaran Contekstual Learning (CTL). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah siswa kelas I UPT SPF SD Inpres Borong Jambu III sebanyak 15 orang siswa. Obyek penelitian ini adalah hasil belajar Bahasa Indonesia materi membuat kalimat pujian pada siswa kelas I melalui Model Pembelajaran Contekstual Learning (CTL). Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes isian yang dilakukan pada akhir pertemuan. Teknik analisis data menggunakan presentase siswa yang tuntas belajar. Analisis deskriptif kualitatif yang dimaksud dalam penelitian ini adalah membandingkan hasil penelitian siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri atas empat tahap, yakni dimulai dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan terakhir pada tahap refleksi. Hasil dari penelitian tersebut adalah hasil dari keterampilan siswa membuat kalimat pujian. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan Model Pembelajaran Contekstual Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas I UPT SPF SD Inpres Borong Jambu III. Hal itu terbukti dengan adanya peningkatan persentase KKM siswa secara klasikal.


Full Text:

PDF

References


A Arisah - Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar - primary.ejournal.unri.ac.id

https://www.google.com/search?q=tujuan+ctl diakses 28 Desember 2021

https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/metode-contextual-teaching-and-learning-ctl-dalam-pembelajaran-di-masa-pandemi# diakses 28 Desember 2021

https://eprints.uny.ac.id/9902/3/bab%202%20-%2008108247081.pdf diakses 27 Desember 2021

Johnson, LouAnne. Pengajaran Yang Kreatif Dan Menarik. San Fransisco. Indeks

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran. Bandung: Kencana Prenada Media Group


Article Metrics

Abstract view : 64 times | PDF view : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats