Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Melalui Pendekatan Matematika Realistik Indonesia

Mumung Panji Rusadi(1*), Andi Dewi Riang Tati(2), Syahrani Syahrani(3),

(1) SD Negeri 1 Kondangsari
(2) Universitas Negeri Makasar
(3) UPT SPF SDI Unggulan BTN Pemda Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah adanya masalah keaktifan dan hasil belajar siswa kelas III di SDN 1 Kondangsari Kecamatan Beber Kabupaten Cirebon. Keaktifan dan hasil belajar siswa kelas III di SDN 1 Kondangsari Kecamatan Beber Kabupaten Cirebon masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan pendekatan PMRI, (2) untuk meningkatkan keaktifan siswa, (3) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pengukuran pada siswa kelas III SDN 1 Kondangsari Kecamatan Beber Kabupaten Cirebon tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitan tindakan kelas (PTK). Objek dalam penelitian ini adalah keaktifan dan hasil belajar siswa. Sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 1 Kondangsari Kecamatan Beber Kabupaten Cirebon tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 32 siswa. Data diperoleh dengan melalui lembar pengamatan keaktifan dan tes tertulis untuk hasil belajar. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan tes.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2011). Psikologi Belajar.

Jakarta: Rineka Cipta.

Hudojo, H. (2001). Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran Matematika. Malang. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang.

Muhsetyo, Gatot. 2008. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Sanjaya, Wina. (2009). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu

Tampubolon, Saur. (2014) Penelitian Tindakan Kelas: Untuk Pengembangan Profesi Pendidik Dan Keilmuan. Jakarta : Erlangga


Article Metrics

Abstract view : 80 times | PDF view : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats