Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Melalui Pendekatan Matematika Realistik Indonesia
(1) SD Negeri 1 Kondangsari
(2) Universitas Negeri Makasar
(3) UPT SPF SDI Unggulan BTN Pemda Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.70713/pjp.v3i1.30000
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah adanya masalah keaktifan dan hasil belajar siswa kelas III di SDN 1 Kondangsari Kecamatan Beber Kabupaten Cirebon. Keaktifan dan hasil belajar siswa kelas III di SDN 1 Kondangsari Kecamatan Beber Kabupaten Cirebon masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan pendekatan PMRI, (2) untuk meningkatkan keaktifan siswa, (3) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pengukuran pada siswa kelas III SDN 1 Kondangsari Kecamatan Beber Kabupaten Cirebon tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitan tindakan kelas (PTK). Objek dalam penelitian ini adalah keaktifan dan hasil belajar siswa. Sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 1 Kondangsari Kecamatan Beber Kabupaten Cirebon tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 32 siswa. Data diperoleh dengan melalui lembar pengamatan keaktifan dan tes tertulis untuk hasil belajar. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan tes.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, Syaiful Bahri. (2011). Psikologi Belajar.
Jakarta: Rineka Cipta.
Hudojo, H. (2001). Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran Matematika. Malang. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang.
Muhsetyo, Gatot. 2008. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Sanjaya, Wina. (2009). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu
Tampubolon, Saur. (2014) Penelitian Tindakan Kelas: Untuk Pengembangan Profesi Pendidik Dan Keilmuan. Jakarta : Erlangga
Article Metrics
Abstract view : 125 times | PDF view : 30 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pjpgsd@unm.ac.id
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats