Meningkatkan Hasil Belajar Muatan IPS Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V/B UPT SPF SDN Panaikang I Makassar

Danial Danial(1*), Andi Dewi Riang Tati(2), Sarinikmah Sarinikmah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SDN.KOMPLEKS IKIP 1
(*) Corresponding Author



Abstract


Model pembelajaran yang digunakan guru sangat mempengaruhi tercapainya sasaran belajar. Siswa memiliki keunikan ( karakter) masing- masing dalam berbagai hal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V/B UPT SPF SDN. Panaikang 1 kota Makassar. Subjek penelitian adalah siswa kelas V/B UPT SPF SDN. Panaikang 1 kota Makassar yang berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar akhir siklus I dan tes akhir siklus II dengan menggunakan lembar observasi ( Jurnal ), kuesioner/tanggapan siswa, dan pertanyaan refleksi siswa, kemudian di analisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan analasis kualitatif. Penelitian ini difokuskan kepada Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa dengan data yang diperoleh pada siklus I yaitu 53 % Siswa yang sudah tuntas dan 47 % yang belum tuntas atau masi perlu perbaikan, sedangkan pada siklus II di peroleh data 100% yang sudah tuntas. Berdasarkan beberapa data yang di peroleh dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V/B UPT SPF SDN.Panaikang 1 Makassar


Full Text:

PDF

References


Arends, R. (2008). Belajar Untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kirom, A. (2017). Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 69–80.

Kurniawan, M. W., & Wuryandani, W. (2017). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap motivasi belajar dan hasil belajar PPKn. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 14(1), 10– 22

Fitriono Yuli. 2015. Model PBL dengan Pendekatan PMRI Berpenilaian serupa PISA untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 4 (1), 57.

Murfiah U. 2017. Pembelajaran Terpadu Teori dan Praktik Terbaik di Sekolah.

Bandung : Refika Aditama

Sanjaya W. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.

Jakarta : Kencan

http://edutaka.blogspot.com/2015/03/pembelajaran-ilmu-pengetahuan-sosial.html


Article Metrics

Abstract view : 31 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats