Upaya Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Strategi CIRC Siswa Kelas 5 SDN 06 ladang Padi

Nadroh Nadroh(1*), Amrah Amrah(2), Kadarisman Kadarisman(3),

(1) SDN Negeri 06 Ladang Padi
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Inpres Kampus IKIP Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mencari pokok pikiran atau ide pokok paragraph pada siswa kelas 5 sekolah dasar.  Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas 5 yang berjumlah 25 orang. Pemerolehan data berasal dari lembar hasil belajar siswa dan data observasi. Dalam penelitian ini menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) yang yang berlangsung dalam 2 siklus. Dalam menemukan pokok pikiran paragraph diperoleh pada siklus 1 sebanyak 17 siswa yang tuntas dan 8 siswa (32 %)belum tuntas. Pada siklus 2 meningkat menjadi 23 siswa (92 %) yang tuntas dan 2 siswa (8 %) belum tuntas. Adapun Hasil penelitian ini adalah dengan menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terjadi peningkatan terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa dalam menemukan pokok pikiran paragraphpada siswa kelas 5 SD Negeri 06 Ladang padi. 

Kata Kunci: Hasil Belajar; Bahasa Indonesia; Pokok Pikiran; CIRC.


Full Text:

PDF

References


Kunandar.2009.Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembang Profesi Guru. Jakarta: PT Raja grafindo

Mulyasa.2011 Praktik Penelitian Tindakan Kelas.Bandung:PT Remaja Rosdakarya

Sugiono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Huda Miftahul. 2013. Model- Model Pengajarandan Pembelajaran Isu- Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: PustakaPelajar.

Arikunto,Suhardjono dan Supardi.2014.Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: PT Bumi aksara

Rahyubi,Heri.2014.Teori Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik Deskripsi danTinja an Kritis. Bandung : Nusa Media.

Fathurrohman Muhammad. 2015. Model- Model Pembelajaran Inovatif Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media.


Article Metrics

Abstract view : 245 times | PDF view : 63 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats