Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Melalui Model Problem Based Learning

Valentine Apriska Dameria Siadari(1*), Nurfaizah Nurfaizah(2), Dwi Pita Reski(3),

(1) SD Negeri Bekasi Jaya 2
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Negeri Bontocinde
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi pada peserta didik kelas V SD Negeri Bekasi Jaya 2.  Berdasarkan hasil observasi ditemukan bahwa ketidakaktifan dan respon peserta didik yang kurang terhadap materi pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri Bekasi Jaya 2 dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SD Negeri Bekasi Jaya 2 dengan jumlah 12 peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi melalui pembelajaran daring yang dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri Bekasi Jaya 2. Pada siklus pertama 6 dari 12 peserta didik atau 50 % peserta didik mencapai KKM. Pada siklus kedua 10 dari 12 peserta didik atau 83,3 % peserta didik mencapai KKM. 

Kata Kunci: Keaktifan, Hasil Belajar, Problem Based Learning


Full Text:

PDF

References


Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Saefuddin, A. & Berdiati, I. (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Silaen, S. (2018). Metode Penilitian Sosial untuk Penilisan Skripsi dan Tesis. Bogor: Penerbit In Media.

Shoimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprihatiningrum, Jamil (2013). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Trianto (2015). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 65 times | PDF view : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats