Penggunaan Media Gambar Dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Tentang Keberagaman Suku Bangsa di Kelas IV SD

Shopan Shopan(1*), Andi Dewi Riang Tati(2), Sitti Rasdiana Rajab(3),

(1) SD Islam YAKPI Susukan
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD Negeri Aroeppala
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV SD Islam YAKPI Susukan Kabupaten Cirebon Propinsi Jawa Barat tentang keberagaman suku bangsa. Hal tersebut ditunjukkan dengan hanya 40 % atau hanya 8 orang dari 20 orang peserta didik yang tuntas belajar mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan yakni 68. Berdasarkan masalah tersebut peneliti merasa perlu memperbaiki pembelajaran dengan penggunaan media gambar dalam pembelajaran pada materi keberagaman suku bangsa. Tujuannya adalah meningkatkan pemahaman peserta didik tentang keberagaman suku bangsa melalui penggunaan media gambar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Proses pelaksanaan tindakan dilaksanakan dua siklus, Hasilnya guru mengalami peningkatan dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran. Selain itu adanya peningkatan hasil belajar peserta didik ditunjukkan dengan rata-rata nilai hasil belajar peserta didik sebelum dilaksanakan tindakan adalah 61,4, sedangkan setelahnya dilaksanakan tindakan siklus I hasil belajar peserta didik adalah 13 peserta didik (65%) tuntas, dan 7 peserta didik (35%) tidak tuntas dengan nilai rata-rata 69,75, setelahnya dilaksanakan tindakan siklus II hasil belajar peserta didik adalah 17 peserta didik (85%) tuntas dan 3 peserta didik (15%) tidak tuntas dengan nilai rata-rata 84,5. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran dengan penggunaan media gambar dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar peserta didik.

Kata kunci: Paham; Ragam; Suku,Bangsa; Media; Gambar  


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2005). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: BumiAksara.

Hermawan, R.(2007). Penelitian Tindakan Kelas (Metode Penelitian Untuk Keperluan Mata Kuliah Bimbingan Penulisan Karya Ilmiah ). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Kartadinata, S. (1997). Landasan-landasan Pendidikan Sekolah Dasar. Jakarta: Depdikbud.

Winataputra U, dkk. (2008). Materi dan Pembelajaran SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sudjana, N. (2012). Tujuan Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Tim Pengembang Kurikulum.(2021). Dokumen I & II Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2021/2022.Cirebon: SD Islam YAKPI Susukan.

Wiriatmaja, R.(2008).Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sadiman, A (2012). Media Pendidikan. www.sekolahdasar.net (diakses tanggal 25 Desember 2021)

Undang-undang 2005 No 14, tentang Guru dan Dosen.

Undang-undang 2003 No 20, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Jakni. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 61 times | PDF view : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats