Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Perubahan Wujud Mencair Melalui Model Problem Based Learning

Rahmat Mirajudin(1*), Natriani Syam(2), Hairuddin Hairuddin(3),

(1) SDN Kurjati
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Inpres Bisara
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya pemahaman peserta didik tentang perubahan wujud mencair di kelas III SDN Kurjati pada pembelajaran tema 3. Tujuan penelitian perbaikan pembelajaran ini untuk meningkatkan pemahaman peserta didik tentang perubahan wujud mencair melelui model pembelajaran problem based learning di kelas III SDN Kurjati. Untuk tercapainya tujuan penelitian ini digunakan model pembelajaran problembased learning. Subjek pada penelitian ini adalah pesera didik kelas III di SDN Kurjati Kabupaten Tasikmalaya yang berjumlah 25 orang terdiri atas 13 laki-laki dan 12 perempuan. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan rancangan sebanyak 2 siklus. Dalam penelitian ini terdiri dari 2 prosedur tes, tes proses dan tes akhir, sedangkan instrumen yang digunakannya dalam penelitian ini yaitu butir soal dan lembar kerja peserta didik. Dari hasil penelitian didapatkan siklus 1 nilai rata-rata mencapai 68,9 dengan persentase peserta didik yang nilainya di atas kriteria ketuntasan minimal banyaknya 61,1%, pada siklus 2 nilai rata-rata kelas mencapai 83,3 dengan persentase peserta didik yang nialainya mencapai kriteria ketuntasan minimal atau nilainya lebih dari 70 sebanyak 100%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan pemahaman peserta didik kelas III SDN Kurjati pada materi perubahan wujud mencair.

Kata Kunci:  Problem Based Learning, Perubahan Wujud Mencair


Full Text:

PDF

References


Akmalia.(2016). “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Strategi Numbered Heads Togeteher untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”.Skripsi.Bandung.Universitas Pasundan. Diakses Pada Desember 2021

Frianto, Okta, Stefanus C Relmasira, And Agustina Tyas Asri Hardini. 2018. “Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Media Realia Pada Siswa Kelas Iv Sd.” International Journal Of Elementary Education 2 (4): 348. Https://Doi.Org/10.23887/Ijee.V2i4.16115.

Putra, R,M. (2018). Pengaruh model PBL terhadap hasil belajar tematik siswa di SD Negeri 21 Kerinci. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol. 3, No.2, pp. 178-190.

Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudiatmika, I. M. A. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Pada Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa. In Prosiding Seminar Nasional MIPA 2016. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Sumantri. Mulyani. 2010. Perkembangan Peserta Didik : Universitas Terbuka.


Article Metrics

Abstract view : 98 times | PDF view : 78 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats