Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V

Sri Maryani(1*), Lukman Ali(2), Nur Aivi(3),

(1) SD Negeri Timpik 02
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Negeri kompleks IKIP I Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran kelas V SD Negeri Timpik 02 kecamatan Susukan Kabupaten Semarang. Penelitian ini berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas V SD Negeri Timpik 02 dalam pembelajaran tematik tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan Sub Tema 1 Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih Pembelajaran 2. Dari 13 siswa baru 6 siswa atau sekitar 46,15% yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah problem based learning (PBL). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran problem based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Timpik 02. Pada siklus pertama 8 dari 13 anak atau 61,5% siswa mencapai KKM. Pada siklus kedua naik sebanyak 30,8% menjadi 92,3 % atau 12 siswa dari 13 siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal. 

Kata Kunci: Hasil Belajar; Tindakan Kelas; PBL.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Jihad, Asep dan Abdul Haris. (2008). Evaluasi Pembelajaran. Yogjakarta: Multi Pressindo.

Lismaya, Lilis. (2019). Berfikir Kritis Dan Problem Based Learning. Surabaya: Media Sahabat Cendikia.

Rosanti, Maya Aprilia. (2017). Peningkatan kualitas pembelajaran ipa tema peduli terhadap makhluk hidup kelas iv sdn ngaliyan 01 melalui pembelajaran pbl berbantu media audiovisual. UNNES

Samana. (1992). Sistem Pembelajaran. Yogyakarta: Kanisius.

Samino dan Saring Marsudi. (2011). Layanan Bimbingan Belajar. Surakarta: Fairus Media.

Sari, Ria Novita. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV Pada SDN 71 Kaur. Diakses tanggal 26 Desember 2021 pukul 20.30 WIB: IAIN ttp://repository.iainbengkulu.ac.id/6315/2/skripsi%20ria.pdf

Sujana, Nana. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

Abstract view : 128 times | PDF view : 40 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats