Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Pada Pembelajaran IPA di Kelas V SDN 42 Pasar Durian

Wilsa Andrini(1*), Nurfaizah Nurfaizah(2), Isman Isman(3),

(1) SDN 42 Pasar Durian
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SDInpresUnggulan BTN Pemda Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa pada muatan pembelajaran IPA Tema 1 Sub Tema 1, melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 42 Pasar Durian yang berjumlah 13 orang siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan tekhnik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat dilihat data dari peningkatan minat belajar siswa menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri yaitu sebagai berikut. Pada siklus I rata-rata persentase minat  belajar siswa secara klasikal adalah 57,68 %. Pada siklus II dilakukan pembelajaran dengan menggunakan model Inkuiri dibumbui dengan pemberian hadiah memperoleh rata-rata persentase minat  belajar siswa meningkat mencapai 82,68%. Adapun hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri melalui pemberian hadiah pada kelompok, dapat meningkatkan minat belajar siswa dan pada akhirnya menunjang perolehan hasil belajar yang memuaskan. 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuri dan Minat Belajar Siswa


Full Text:

PDF

References


Roestiyah NK. (1991).Strategi Belajar Mengajar.Jakarta : Rineka Cipta.

Sardiman,A,M.(2007). Interaksi & motivasi belajar mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hamdayama,Jumanta.(2016). Metodologi pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi, dkk. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Emzir. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta:Rajawali Pers.

Kemendikbud. (2013). Panduan Teknis Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model Pembelajaran Inkuiri di Sekolah Dasar. Kementerian Pendidikan dan Kebudayan.

Kurniasih, Imas & Berlin Sani. (2014). Sukses Menimplementasikan Kurikulum 2013: Kata Pena.

Lazim.( 2013). Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Kurikulum 2013: Yogyakarta.


Article Metrics

Abstract view : 163 times | PDF view : 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats