Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)

Rahayu Setiyaningsih(1*), Muhammad Asrul Sultan(2), Sarinikmah Sarinikmah(3),

(1) SD Muhammadiyah Siraman
(2) Bahasa Inggris Universitas Negeri Makassar
(3) SD Negeri Komplek IKIP 1 Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Artikel ini memuat tetang meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SD Muhammadiyah Siraman dengan  penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Populasi yang di gunakan adalah siswa kelas 1 SD Muhammadiyah Siraman. Variabel bebasnya adalah Pembelajaran Problem Based Learning. Variabel terikatnya adalah meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang setiap siklusnya terdiri dari satu pertemuan pembelajaran. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Dari hasil analisis data diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa, dapat dilihat dari data awal (prasiklus) bahwa  dari 24 siswa hanya 7 orang siswa yang mendapat nilai di atas KKM sisanya 17 siswa di bawah KKM. Sedangkan hasil dari siklus I memiliki nilai pencapai dari KKM 75 sebanyak 16 siswa atau persentasenya (65%) tuntas dan siswa belum mencapai ketuntasan ada 8 siswa atau persentasenya (35%). Kemudian pada siklus II dari 24 siswa yang memiliki nilai tuntas atau  mencapai KKM 75 sebanyak 23 siswa dengan persentase (95%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar pada siswa kelas I dengan penerapan model pembelajaran Problem based learning (PBL).


Full Text:

PDF

References


Agung, A.A. Gede. 2010. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Undiksha Singaraja

Arikunto, Suharsimi, dkk. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. PT Bumi : Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional. UU RI Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003. Bandung: Citra Umbara.

Arikunto, S. 2013.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Fauziah, R. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Operasi Hitung Siswa SD (Doctoral dissertation. Universitas Pendidikan Indonesia).

Hartini, S. (2019). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Motif Berprestasi Peserta Didik: Studi di SDN Karangpucung 04 dan SDN Karangpucung 05 Kabupaten Cilacap. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review.

Kamarianto, K., Noviana, E., & Alpusari,M. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Sd Negri001Kecamatan Sinaboi. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Mansur Muslich. 2009. Melaksanakan PTK itu mudah (Clasroom Action Research). Cetakan ke-2. (Jakarta: Bumi Aksara).


Article Metrics

Abstract view : 563 times | PDF view : 106 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats