Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Dalam Menentukan Kelipatan Persekutuan Kecil dan Faktor Persekutuan Besar Dua Bilangan Melalui Metode Cooperative Learning Di Kelas IV SD Negeri 1 Parungkamal

Sri Andayani(1*), Latri Latri(2), Nazwar Muslan(3),

(1) SD Negeri 1 Parungkamal
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SDN Komp. IKIP I
(*) Corresponding Author



Abstract


Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Menentukan Kelipatan Persekutuan Terkeci (KPK) dan Faktor Persekutuan terbesar (FPB) dua bilangan Melalui Metode Cooperative Learning. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 1 Parungkamal Unit Pendidikan Kecamatan Lumbir bertujuan : (1) Meningkatkan prestasi siswa pada mata pelajaran Matematika dalam menentukan KPK dan FPB dua bilangan. (2) Meningkatkan keaktifan siswa belajar matematika dalam menentukan KPK dan FPB dua bilangan. Penelitian dilaksanakan dalam II siklus. Pada studi awal, peserta didik yang tuntas sebanyak 10 dari 22 anak atau 45 persen. Pada siklus I yang tuntas belajar sebanyak 15 dari 22 siswa atau 68 persen. Pada siklus II peserta didik yang tuntas belajar sebanyak 20 dari 22 siswa atau sebanyak 91 persen. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Learning pada pembelajaran matematika tentang menentukan kelipatan persekutuan Keci (KPK) dan Faktor persekutuan terbesar (FPB) dua bilangan, dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar peserta didik Kelas IV SD Negeri 1 Parungkamal Kecamatan Lumbir.


Full Text:

PDF

References


Bahri Djamarah, Saiful.(2000). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta.

Jonassen. (1999). Konsep-Konsep Konstruktivis. Jakarta : Universitas Terbuka.

Lie, A. 2008. Cooperative Learning : Mempraktekan Cooperative Learning di Ruang- ruang kelas.Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Nasution, S. (2001). Asas – Asas Kurikulum. Jakarta : Bumi Aksara.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Jakarta: Balai Pustaka.

Sumarno. (2006). Pembelajaran Matematika SD. Surabaya : Pustaka Prima. Sumarsono. (2004). Otonomi Pendidikan. Jakarta : Komisi Pendidikan KWI.

Wahyudi, S. (2003). Ensiklopedi Matematika dan Peradaban Manusia. Jakarta : Taritfy Samudra Berlian.


Article Metrics

Abstract view : 70 times | PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats