Peningkatan Hasil Belajar Kelas III SDI Purwodadi Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)

Muhammad Yasin Damang(1*), Ahmad Syawaluddin(2), M. Dahlan(3),

(1) UPTD SD Inpres Purwodadi
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD Negeri Kaccia, Kab. Gowa
(*) Corresponding Author



Abstract


Problem Based Learning adalah salah satu model-model pembelajaran yang dapat diterapkan disemua jenjang pendidikan sesuai dengan usia peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada UPTD SD Inpres Purwodadi Kecamatan Pangale Kabupaten Mamuju Tengah. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas III pada UPTD SD Inpres Purwodadi Kecamatan Pangale Kabupaten Mamuju Tengah. pada semester ganjil 2020/2021 yang berjumlah 18 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Data yang dikumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Pada siklus I menunjukkan nilai terendah 60 dan nilai tertinggi 78 dengan skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 65 dimana dan standar deviasinya 5,455. Selanjutnya pada siklus II menunjukkan nilai terendah 68 dan nilai tertinggi 90 dengan skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 75 dan standar deviasinya 5,655. Ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I yaitu 36,7% dan pada siklus II terjadi peningkatan yakni 88,5%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

 Kata Kunci:  Learning Outcomes; Problem Based Learning.


Full Text:

PDF

References


Aeni, A. (2014). Pendidikan Karakter Untuk Siswa SD Dalam Perspektif Islam. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 50-58. doi:http://dx.doi.org/10.17509/mimbar-sd.v1i1.863.

Aeni, A. (2015). Menjadi Guru SD Yang Memiliki Kompetensi Personal-Religius Melalui Program One Day One Juz ( ODOJ ). Mimbar Sekolah Dasar, 2(2), 212-223.doi:http://dx.doi.org/10.17509/mimbar-sd.v2i2.1331.

Atmojo, S. E. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Peningkatan Hasil Belajar Pengelolaan Lingkungan. Jurnal Kependidikan , 43(2), 134-143.

Bungel, M. F. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 4 Palu Pada Materi Prisma. Jurnal Elektronika Pendidikan Matematika Tadulako , 2(1), 47-53.

Hanifah, N. (2016). Memahami Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: UPI Press.

Kosasih. (2013). Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Kecerdasan. Bandung: Alfabeta.

Nopia,R., Julia, &Sujana, A. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap

Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Daur AirPena Ilmiah,1(1), 641-650

Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sadia, I. W. (2014). Model-Model Pembelajaran Sains KontruktVistik. Yogyakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sujana, A. (2014). Dasar-dasar IPA: Konsep dan Aplikasinya. Bandung: UPI Press.

Sujana, A. (2014). Pendidikan IPA teori dan Praktik. Bandung: Rizqi Press.

Usman, M. U. (2002). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Warsono, H. &. (2014). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Dayeni, Fitri, Sri Irawati, And Yennita Yennita. 2017. “Upaya Meningkatkan MotVasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning.” Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi 1 (1): 28–35. Https://Doi.Org/10.33369/Diklabio.1.1.28-35.

Dewi, Sari, Sumarmi Sumarmi, And Ach Amirudin. 2016. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Keterampilan Sosial Siswa Kelas III Sdn Tangkil 01 Wlingi.” Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 1 (3): 281–88.


Article Metrics

Abstract view : 141 times | PDF view : 93 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats