Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Pelajaran IPA SD

Asri Eka Yuliana(1), Widya Karmila Sari Achmad(2*), Irfan Mus(3),

(1) UPTD SPF SDN Mangkukusuman 9 Kota Tegal
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SDN PERCONTOHAN PAM MAKASSAR
(*) Corresponding Author



Abstract


Rendahnya hasil belajar peserta didik dalam muatan pelajaran IPA materi penyakit pada organ pencernaan manusia. Hal ini dibuktikan dengan ketercapaian hasil belajar peserta didik 35 % dari 28 peserta didik belum mencapai nilai ketuntasan minimal yang ditetapkan yaitu 70. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah: (1) mengetahui proses pembelajaran IPA dengan model Problem Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah), untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terkait dengan materi penyakit pada organ pencernaan manusia (2) mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas V SDN Mangkukusuman 9 terkait dengan materi penyakit organ pencernaan manusia dengan model Problem Based Learning. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Mangkukusuman 9 yang terdiri dari 28 orang peserta didik. Hasil penelitian menggunakan metode Problem Based Learning menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik juga menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan. Pada siklus pertama nilai rata-rata peserta didik mencapai 75 atau sebanyak 65% peserta didik mencapai nilai ketuntasan yang diterapkan. Dan pada siklus 2 mengalami peningkatan kembali yaitu nilai rata-rata yang diperoleh adalah 88 atau 89% peserta didik mencapai ketuntasan minimal. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik materi penyakit pada organ pencernaan manusia.

Kata Kunci: Hasil Belajar; Problem Based Learning; Penyakit Organ Pencernaan Manusia.


Full Text:

PDF

References


Djumhana, Drs Nana. 2019. Modul 3 Pendalaman Materi Ilmu Pengetahuan Alam. Bandung: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pujiriyanto. 2019. Modul 2 Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Susilawati, Fransiska Wahyu Ari. 2017. Tema 3 Makanan Sehat. Jakarta. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Ruang guru. Metode Pembelajaran Problem Based Learning dapat Tingkatkan Keaktifan Siswa. 15 Desember 2021. https://www.ruangguru.com/blog/tingkatkan-keaktifan-siswa-dengan-metode-pembelajaran-problem-based-learning

Kajian pustaka.com. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). 17 Desember 2021. https://www.kajianpustaka.com/2019/03/penelitian-tindakan-kelas-ptk.html


Article Metrics

Abstract view : 206 times | PDF view : 86 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats