Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Pelajaran IPA SD
(1) UPTD SPF SDN Mangkukusuman 9 Kota Tegal
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SDN PERCONTOHAN PAM MAKASSAR
(*) Corresponding Author
Abstract
Rendahnya hasil belajar peserta didik dalam muatan pelajaran IPA materi penyakit pada organ pencernaan manusia. Hal ini dibuktikan dengan ketercapaian hasil belajar peserta didik 35 % dari 28 peserta didik belum mencapai nilai ketuntasan minimal yang ditetapkan yaitu 70. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah: (1) mengetahui proses pembelajaran IPA dengan model Problem Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah), untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terkait dengan materi penyakit pada organ pencernaan manusia (2) mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas V SDN Mangkukusuman 9 terkait dengan materi penyakit organ pencernaan manusia dengan model Problem Based Learning. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Mangkukusuman 9 yang terdiri dari 28 orang peserta didik. Hasil penelitian menggunakan metode Problem Based Learning menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik juga menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan. Pada siklus pertama nilai rata-rata peserta didik mencapai 75 atau sebanyak 65% peserta didik mencapai nilai ketuntasan yang diterapkan. Dan pada siklus 2 mengalami peningkatan kembali yaitu nilai rata-rata yang diperoleh adalah 88 atau 89% peserta didik mencapai ketuntasan minimal. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik materi penyakit pada organ pencernaan manusia.
Kata Kunci: Hasil Belajar; Problem Based Learning; Penyakit Organ Pencernaan Manusia.
Full Text:
PDFReferences
Djumhana, Drs Nana. 2019. Modul 3 Pendalaman Materi Ilmu Pengetahuan Alam. Bandung: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Pujiriyanto. 2019. Modul 2 Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Susilawati, Fransiska Wahyu Ari. 2017. Tema 3 Makanan Sehat. Jakarta. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Ruang guru. Metode Pembelajaran Problem Based Learning dapat Tingkatkan Keaktifan Siswa. 15 Desember 2021. https://www.ruangguru.com/blog/tingkatkan-keaktifan-siswa-dengan-metode-pembelajaran-problem-based-learning
Kajian pustaka.com. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). 17 Desember 2021. https://www.kajianpustaka.com/2019/03/penelitian-tindakan-kelas-ptk.html
Article Metrics
Abstract view : 148 times | PDF view : 68 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pgsdjurnal@gmail.com
Contact Hp/wa. (0852 5539 7485)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats