Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Kelas III Materi Bilangan Ribuan Menggunakan Alat Peraga

Muawanatun Muawanatun(1*), Latri Aras(2), Nazwar Muslan(3),

(1) SDN Kertagena Laok 2
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SDN Komp. IKIP I
(*) Corresponding Author



Abstract


Mata pelajaran matematika kurang disukai oleh siswa sehingga berakibat prestasinya kurang memuaskan. Kenyataaan menunjukkan bahwa kurangnya minat siswa dalam pelajaran matematika ditandai dengan nilai ulangan harian yang sebagian besar ada di bawah rata-rata. Pada materi bilangan ribuan dari 18 siswa yang mencapai ketuntasan belajar hanya 5 anak atau sekitar 28% sedangkan sisanya mendapatkan nilai di bawah rata-rata. Melihat kenyataan seperti itu, maka penulis melakukan penelitian menggunakan alat peraga berupa dekak-dekak, tabel nilai tempat, dan simpoa dengan harapan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dan dapat menjadi motivasi supaya lebih kreatif dan inovatif dalam memilih teknik pembelajaran. tujuan khusus penelitian ini adalah ingin menganalisa sejauh mana peningkatan pembelajaran matematika pada materi bilangan ribuan menggunakan alat peraga. Penelitian dilakukan dengan 2 siklus perbaikan pembelajaran, dari data nilai siklus 1dan siklus 2 terdapat perbedaan yang signifikan. Sebelum penelitian, dari 18 siswa yang berhasil 5, gagal 13, dengan nilai rata-rata 62. Pada siklus 1 yang berhasil 9, gagal 9 dengan rata-rata 69. Sedangkan pada siklus 2 yang berhasil 17, gagal 1, dengan rata-rata 81. Dengan demikian terbukti bahwa dengan menggunakan alat peraga dapat meningkatkan prestasi belajar matematika khususnya materi bilangan ribuan di SDN Kertagena Laok 2. 

Kata Kunci: Belajar Matematika; Jumlah Ribuan; Atribut.


Full Text:

PDF

References


Sundayana, R.,. (2016). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika: untuk guru, calon guru, orang tua dan para pecinta matematika. Bandung: Alfabeta.

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Hamalik, Oemar. (2016). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Jagom, Y. O dan Uskono, I. V. (2019). Pengaruh Penggunaan alat Peraga Berbahan Bekas Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 219-226.

Ahmad, Susanto. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Prenadamedia Group.


Article Metrics

Abstract view : 18 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 5539 7485)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats