Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Kelas III Materi Bilangan Ribuan Menggunakan Alat Peraga
(1) SDN Kertagena Laok 2
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SDN Komp. IKIP I
(*) Corresponding Author
Abstract
Mata pelajaran matematika kurang disukai oleh siswa sehingga berakibat prestasinya kurang memuaskan. Kenyataaan menunjukkan bahwa kurangnya minat siswa dalam pelajaran matematika ditandai dengan nilai ulangan harian yang sebagian besar ada di bawah rata-rata. Pada materi bilangan ribuan dari 18 siswa yang mencapai ketuntasan belajar hanya 5 anak atau sekitar 28% sedangkan sisanya mendapatkan nilai di bawah rata-rata. Melihat kenyataan seperti itu, maka penulis melakukan penelitian menggunakan alat peraga berupa dekak-dekak, tabel nilai tempat, dan simpoa dengan harapan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dan dapat menjadi motivasi supaya lebih kreatif dan inovatif dalam memilih teknik pembelajaran. tujuan khusus penelitian ini adalah ingin menganalisa sejauh mana peningkatan pembelajaran matematika pada materi bilangan ribuan menggunakan alat peraga. Penelitian dilakukan dengan 2 siklus perbaikan pembelajaran, dari data nilai siklus 1dan siklus 2 terdapat perbedaan yang signifikan. Sebelum penelitian, dari 18 siswa yang berhasil 5, gagal 13, dengan nilai rata-rata 62. Pada siklus 1 yang berhasil 9, gagal 9 dengan rata-rata 69. Sedangkan pada siklus 2 yang berhasil 17, gagal 1, dengan rata-rata 81. Dengan demikian terbukti bahwa dengan menggunakan alat peraga dapat meningkatkan prestasi belajar matematika khususnya materi bilangan ribuan di SDN Kertagena Laok 2.
Kata Kunci: Belajar Matematika; Jumlah Ribuan; Atribut.
Full Text:
PDFReferences
Sundayana, R.,. (2016). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika: untuk guru, calon guru, orang tua dan para pecinta matematika. Bandung: Alfabeta.
Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Hamalik, Oemar. (2016). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Jagom, Y. O dan Uskono, I. V. (2019). Pengaruh Penggunaan alat Peraga Berbahan Bekas Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 219-226.
Ahmad, Susanto. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Prenadamedia Group.
Article Metrics
Abstract view : 155 times | PDF view : 55 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pgsdjurnal@gmail.com
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats