Penerapan Model Inquiry Learning Pada Siswa Kelas II SD Negeri 2 Sidawangi

Rika Solihah(1*), Muhammad Irfan(2), Nur Sofiatul Lailiyah(3),

(1) SD Negeri 2 Sidawangi
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) SD Inpres Perumnas II
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas II SD Negeri 2 Sidawangi Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon pada semester ganjil 2020/2021 yang berjumlah 15 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri 2 Sidawangi Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Inquiry Learning Berdasarkan penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran Inquiry Learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri 2 Sidawangi Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan proses pembelajaran, terlihat siswa aktif dalam pembelajaran dan bekerjasama dalam kelompoknya. Hasil belajar siswa pada siklus pertama yaitu 10 dari 15 siswa atau 66,7% siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal. Pada siklus kedua hasil belajar siswa meningkat yaitu 13 dari 15 siswa atau 86,7% siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal. 

Kata Kunci: Keaktifan; Hasil Belajar; Inquiry Learning.


Full Text:

PDF

References


Jatmika, S. (2011). Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Pair Solo Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi Sarjana pada Prodi PGSD FIP UPI Bandung: Tidak Diterbitkan.

Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Satria, Ase. (2016). 6 Langkah Pembelajaran Dengan Inkuiri Menurut Ahli / Pakar. From: https://www.materibelajar.id/2016/06/6-langkah-pembelajaran-dengan-inkuiri.html. Diakses pada: 6 Desember 2021.

Thabroni, Gamal. (2021). Model Pembelajaran Inquiry Learning. From: https://serupa.id/model-pembelajaran-inquiry-learning-penjelasan-lengkap/. Diakses pada: 6 Desember 2021.

Widyastuti, Fransiska Puri. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SD Melalui Model Pembelajaran Inquiry Learning. From: https://ojs.umrah.ac.id/index.php/kiprah/article/view/581. Diakses pada: 6 Desember 2021.

Wiriaatmadja, Rochiati. (2008). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

Abstract view : 1138 times | PDF view : 250 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats