Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 105 Barru Melalui Model PBL

Rostina Rostina(1*), Zaid Zainal(2), Taslim Tawil(3),

(1) UPTD SD Negeri 105 Barru
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD Perumnas IV
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan pemahan dan hasil belajar siswa Kelas IV SD Negeri 105 Barru terhadap materi tema 6 pembelajaran tematik IPA materi daur hidup kupu-kupu dan belalang. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 8 orang yang terdiri dari 2 siswa putra dan 6 siswi putri. Adapun model pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar pengamatan dan angket, dilakukan oleh peneliti. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa proses pelaksanaan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) oleh guru sangat efektif diterapkan pada siswa Kelas IV, hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan proses pelaksanaan pembelajaran oleh guru dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) sebesar 20,04% dari 62,90% pada siklus I menjadi 82,94% pada siklus II. Aktifitas siswa selama pembelajaran dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) mengalami peningkatan sebesar 20% dari 62,18% pada siklus I menjadi 82,18% pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktifitas siswa dalam pembelajaran Pembelajaran tematik IPA materi daur hidup kupu-kupu dan belalang di Kelas IV SD Negeri 105 Barru. Hasil belajar siswa Kelas IV pada materi Pembelajaran tematik IPA materi daur hidup kupu-kupu dan belalang meningkat setelah menerapkan model Problem Based Learning (PBL), hal ini ditunjukkan pada siklus I jumlah siswa yang mendapat nilai KKM 70 berjumlah 5 dari 8 orang siswa dengan nilai rata-rata 71,25. Pada siklus II jumlah siswa yang mendapat nilai KKM 70 meningkat 100% dengan nilai rata-rata 80,63. Sehingga ketuntasan klasikal mengalami peningkatan sebesar 62,50% dari 37,50% pada pra siklus meningkat menjadi 100% pada siklus II.Berdasarkan prestasi belajar tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui Model Problem Based Learning (PBL), dapat meningkatkan prestasi belajar tema 6 pembelajaran tematik IPA materi daur hidup kupu-kupu dan belalang pada siswa Kelas IV SD Negeri 105 Barru Kecamatan Soppeng Riaja Kabupaten Barru Tahun Ajaran 2020/2021.

Kata kunci: Peningkatan; Problem Based Learning; Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Arends, R. I. (2015). Learning to Teach, Tenth Edition. New York: McGraw-Hill

Education. Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Elvira, F.S., Roshayanti, F., & Baedhowi., S. (2020). Efektifitas Model Problem Based Learning Berbantuan Media Animasi Terhadap Keterampilan Berbicara dan Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, Volume 4 Nomor 3 Oktober 2020, p-ISSN : 1858-4543 e-ISSN : 2615-6091

Kilbane, C. R dan Milman, N. B. (2014). Teaching Model, Designing Instruction for 21st Century Learners. New York: Pearson.

Lestari, L., Rosra, M., & Mayasari, S. (2019). Hubungan Kepercayaan Diri dengan Komunikasi

Interpersonal Siswa SMP. Jurnal Bimbingan Konseling. Vol 7, No 5 (2019), ISSN:2301-

Nasihah, E. D., Supeno, S., & Lesmono, A. D. (2019). Model Problem Based Learning (PBL) Disertai Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. FKIP E-Proceeding, 3(2), 178–183.

Purwanto, W., Djatmika, E.T., Hariyono, R.W.W. (2016). Penggunaan Model Problem Based Learning dengan Media Powerpoint untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 1 Nomor: 9 Bulan September Tahun 2016, Halaman: 1700-1705, EISSN: 2502-471X.

Rahmalia, R., Hajidin., & Ansari, BI. (2020). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Disposisi Matematis Siswa SMP Melalui Model Problem Based Learning. Jurnal Numeracy Volume 7, Nomor 1, April 2020, 137-149, P-ISSN 2355-0074 E-ISSN 2502-6887.

Wati, M.Y., Maulidia,I.A., Irnawati, & Supeno. (2019). Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas VII SMPN 2 Jember Dalam Pembelajaran Ipa Dengan Model Problem Based Learning Pada Materi Kalor Dan Perubahannya. Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol. 8 No. 4, Desember 2019, hal 275 – 280, doi: https://doi.org/10.19184/jpf.v8i4.15237.


Article Metrics

Abstract view : 54 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats