PENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Nur Hamidah(1*), Sayyidiman Sayyidiman(2), Nur Asiah(3),

(1) SD N Randugunting 5
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) SDN KIP BARA BARAYA I MAKASSAR
(*) Corresponding Author



Abstract


Rendahnya hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran  Kelipatan Persekutuan Kecil menjadi latar belakang dalam penelitian tindakan kelas ini. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar  pada materi tersebut dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dimana terdapat satu kali pertemuan kegiatan pembelajaran pada tiap siklusnya. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian yang ditetapkan untuk hasil belajar siswa adalah 70 untuk skala penilaian 1-100. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model tersebut dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Keaktifan siswa meningkat berdasarkan data observasi yang diperoleh dari observer. Sedangkan hasil belajar siswa yang menjadi fokus utama dalam penelitian ini juga mengalami peningkatan tiap siklusnya. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I hanya mencapai 64,52. Setelah diterapkan model pada siklus I rata-rata nilai hasil belajar siswa meningkat menjadi 84,10. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Tabel Multifungsi dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Begitu pula dengan hasil belajar siswa yang meningkat pada pembelajaran Kelipatan Persekutuan Kecil

Full Text:

PDF

References


Aqib, Z. dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung: Yrama.

Arikunto. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Rifa’i, Achmad dan Catharina Tri Anni (2009). Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES PRESS

Slameto (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Supinah dan Agus D.W. (2009). Strategi Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Yogyakarta: PPPPTK Matematika

Wijayanti, dkk. 2014. Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Matematika dengan Model Pembelajaran Grup Investigation. Jurnal Pendidikan Matematika UNION 2(1): 55-60


Article Metrics

Abstract view : 63 times | PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats