Model pembelajaran Problem Basic Learning Dengan Pendekatan TPACK Dapat Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik
(1) UPT SPF SD 195 EKATIRIO
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) SD Negeri BTN IKIP
(*) Corresponding Author
Abstract
Artikel ini ditulis berdasarkan hasil pengamatan selama guru mengikuti PPL pada saat menempuh Pendidikan Profesi Guru. Dari penelitian ditemukan daya belajar atau minat belajar siswa kurang salah satu faktor yaitu penggunaan model belajar yang monoton dan tidak menggunakan pendekatan yang sesuai untuk setiap materi pelajaran. Untuk itu mencoba menerapkan model pembelajaran Problem Basic Learning dengan Pendekatan TPACK. Pembelajaran berbasis masalah atau lebih dikenal dengan PBL adalah model pembelajaran yang dipusatkan pada siswa melalui pemberian masalah dari dunia nyata pada awal pembelajaran. Dengan pendekatan TPACK (Technological Pedagogical And Content Knowledge). Memasuki era industry 4.0yang berdampak pada dekatnya pesertadidik dengan teknologi dan informasi yang canggih. Yang memaksa guru harus mengusai teknologi dan mampu mengkolaborasikannya dalam pembelajaran .Dengan model dan pendekatan pembelajaran tersebut diharapkan dapat meningkatkan minat belajar peserta didik.
Kata Kunci : Problem basic learning,TPACK, Minat Belajar
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S, Suhardjono, Supardi. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Agustini. 2020. Pengembangan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R&D. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. 4(1).62-78.
Akbar, S., Panuntun, A., & Asikin, M. (2021). Kemapuan Berpikir Kreatif Ditinjau Dari Self Regulated Learning dengan Pendekatan Open-Ended Pada Model Pembelajaran Creative Problem Solving. Qalamuna - Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(1), 11–22. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i1.847
Farid, M., & Pramukantoro, J. A. (2013). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Pada Standar Kompetensi Menerapkan Dasar - Dasar Teknik Digital di SMKN 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 02 (02), 737-743
Huda, Miftahul. (2013). Model – Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kemdikbud. (2015). Penelitian Tindakan kelas. Jakarta: Kemdikbud.
Kusumah, Wijaya dan Dedi Dwitagama. (2011). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Edisi: 2. Jakarta: PT Indeks.
Mulyasa, E. 2008. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya offset
Mulyasa. 2008. Praktik penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosda.
Purwanto, Y. P., Masykuri, M., Soeparmi, S., & Elisanti, E. (2019). Analysis of Science Students Critical Thinking Skill in Junior High School Analysis of Science Students Critical Thinking Skill in Junior High School. Journal of Physics: Conference Series, 1233(012086), 1–9. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1233/1/012086
Mimin Setiani. (2020). Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan hasil Belajar Kognitif Peserta Didik tema 5 Subtema 1 kelas V SDN 1 Parakan Sebaran Kendal tahun Pelajaran 2020/2021. Universitas PGRI Semarang.
Miyarso, Estu. (2019). Perancangan Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Kemdikbud.
Muhtadi, Ali. (2019). Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Kemdikbud.
Munawaroh, Isniatun. (2019). Konsep dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Kemdikbud.
Pujiriyanto. (2019). Peran Guru dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Kemdikbud.
Sudjana, Nana. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdikarya.
Article Metrics
Abstract view : 771 times | PDF view : 407 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pgsdjurnal@gmail.com
Contact Hp/wa. (0852 5539 7485)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats