Peningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Penerapan Model Prject Based Learning Di Sekolah Dasar

Hesty Retnaningsih(1*), Sayidiman Sayidiman(2), Nur Asia(3),

(1) SD Negeri 2 Tanduk
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Negeri KIP Bara-Baraya I Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas VI SDN 2 Tanduk Kecamatan Ampel pada pembelajaran IPA materi rangkaian listrik seri. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan hasil belajar  materi tersebut dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SDN 2 Tanduk sejumlah 12 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian yang ditetapkan untuk hasil belajar siswa adalah 70 untuk skala penilaian 1-100. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PjBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA, materi rangkaian listrik seri. Rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus hanya 62,94. Setelah diterapkan model PjBL pada siklus I rata-rata nilai meningkat menjadi 71,76 dan pada siklus II meningkat menjadi 84,59. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PjBL berpengaruh terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas VI Semester I di SDN 2 Tanduk. 

Kata kunci: IPA; Hasil Belajar; Project Based Learning



Full Text:

Untitled

References


Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S, Suhardjono, Supardi. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Huda, Miftahul. (2013). Model – Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Kemdikbud. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kemdikbud

Pujiriyanto. (2019). Peran Guru dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Kemdikbud.

Samatowa,Usman.2011.Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta.Indeks.

Sudjana, Nana. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdikarya

Sudjana, Nana. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdikarya.

Warsito, dkk. (2020). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) dalam pembelajaran daring untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA kelas VI SDIT Salsabila 3 Banguntapan. Universitas Ahmad Dahlan.


Article Metrics

Abstract view : 225 times | Untitled view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 5539 7485)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats