Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Buana Misi Indah Pattawari(1*), Andi Dewi Riang Tati(2), Sarinikmah Sarinikmah(3),

(1) SD NEGERI 2 RANTEPAO
(2) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(3) SD NEGERI KOMPLEKS IKIP
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 2 Rantepao Kab. Toraja Utara. Tujuan penelitian ini : 1) Mendeskripsikan upaya peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran menggunakan model PBL; 2) meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran menggunakan model PBL. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, berlangsung selama dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri 2 Rantepao tahun pelajaran 2020/2021 berjumlah 10 siswa. Objek penelitian adalah peningkatan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan observasi, kuesioner, dan tes tertulis. Analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kantitatif. Hasil penelitian menunjukkan : 1) upaya peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model PBL melalui langkah – langkah : orientasi siswa pada masalah, mengorganisasi siswa untuk belajar, membimbing penyelidikan individu maupun kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, dan menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah; 2) model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar. Hal ini tampak pada peningkatan nilai rata – rata ulangan dari kondisi awal 60,50. Siklus I: 65,50, kemudian siklus II: 73.00. Persentase jumlah siswa yang mencapai KKM (65) dari kondisi awal sebesar 30%, siklus I 60%, dan siklus II menjadi 80%.

Kata Kunci: Problem Based Learning; Hasil Belajar.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arwanda, P., Irianto, S., & Andriani, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Kurikulum 2013 Berbasis Kompetensi Peserta Didik Abad 21 Tema 7 Kelas VI Sekolah Dasar. AlMadrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 193.

Dewantara, Dede. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Melalui Pendekatan CTL Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA. Halaman 1-6. No.2. Vol. 11. Jurnal Paradigma.

Hosnan, M. 2016. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Gaila Indonesia.

Rusman, R. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar Studi Tentang Best Practice yang Dilakukan Guru Sekolah Dasar Dalam Perencanaan, Pelaksanaan, dan Penilaian Kurikulum 2013. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(2), 135–150.

Subadar. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter(PPK) berbasis Hinger Thinking Skills (HOTS), Vol. 4 (1): 85

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 952 times | PDF view : 189 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats