Implementasi E-Lkpd Berbasis Problem Based Learning Guna Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran Tematik Kelas II

Kiki Indah Pratiwi(1*), Hamzah Pagarra(2), Zusanti Zusanti(3),

(1) UPTD SPF SD Negeri Tegalsari 13
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Inpres Unggulan Toddopuli
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar serta keaktifan peserta didik kelas II di Sekolah Dasar Tegalsari 13 Kota Tegal melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan dukungan media Liveworksheet. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan subjek peserta didik kelas II yang berjumlah 9 peserta didik dengan teknik pengumpulan data berupa tes dan non tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh (1) pada saat dilakukan tindakan siklus I rata-rata hasil belajar 55,54 dengan kriterika cukup rendah, dan setelah dilakukan tindakan siklus II rata-rata hasil belajar dan keaktifan peserta didik lebih meningkat menjadi 80,57 dengan kriteria tinggi; (2) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan menggunakan media Liveworksheet dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas II dan meningkatkan keaktifan peserta didik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dengan media Liveworksheet dapat meningkatkan hasil belajar serta keaktifan peserta didik kelas II Semester 1 di Sekolah Dasar Negeri Tegalsari 13 Kota Tegal.

Full Text:

PDF

References


Afcariono, M. 2009. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa pada Mata Pelajaran Biologi. (Online) (http://www.wordpress.com/2009/01/01/muchamad-afcariono/),

Andriyani N., Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Lkpd Live Worksheet Untuk Meningkatkan Keaktifan Mental Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas Va Sd Negeri Nogopuro, Prosding PPG Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, 2020

Azevedo, F. S., diSessa, A. A., & Sherin, B. L. (2012). An evolving framework for describing student engagement in classroom activities. The Journal of Mathematical Behavior, 31(2), 270–289.

Khikmiyah F., Implementasi Web Live Worksheet Berbasis Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika, Jurnal Pedagogy Volume 6 Nomor 2 Universitas Muhammadiyah Gresik, 2021

Roh, Kyeong Ha. (2003). Problem Based Learning in Mathematics (pp 1-7): ERIC Digest

Saharsa, U., Qaddafi, M., & Baharuddin. (2018). Efektivitas penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Video Based Laboratory Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika , 6 (2), 57-64.

Yulia, S., Buyung, B., & Relawati, R. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Bilangan di Kelas VII SMP Negeri 22 Kota Jambi. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 192-204


Article Metrics

Abstract view : 294 times | PDF view : 83 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats