Peningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Di Sekolah Dasar

Nurhaya Abaita(1*), Nurhaedah Nurhaedah(2), Lisnawati Lisnawati(3),

(1) SD NEGERI TIRTAWINAYA 1
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SDN KOMP. IKIP Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kelas VI SDN Tirtawinaya 1 Kota Cirebon pada muatan pelajaran IPA materi penyesuaian diri mahkluk hidup. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar  pada materi tersebut dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SDN Tirtawinaya 1 dengan jumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari 2 (dua) siklus dengan satu kali pertemuan kegiatan pembelajaran pada tiap siklusnya. Teknik analisis data menggunakan analisis uji statistik. Kriteria keberhasilan penelitian yang ditetapkan untuk hasil belajar siswa adalah 70 untuk skala penilaian 1-100 sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal muatan IPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan siswa berdasarkan data observasi yang diperoleh dari observer serta meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas VI tema 2 sub 2 dengan muatan pelajaran IPA disetiap siklusnya. Rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus hanya mencapai 60,36. Setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning pada siklus I rata-rata nilai hasil belajar siswa meningkat menjadi 70,27 dan pada siklus II meningkat menjadi 76,18. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar IPA.

Kata kunci: IPA; Hasil Belajar; Problem Based Learning.


Full Text:

PDF

References


Alwasilah, A. Chaedar. (2009). Pokoknya Menulis. Bandung: PT Kiblat Buku Utama.

Aqib, Zainal. (2012). Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi, dkk., (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksasra.

Arikunto, S. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hanafiah, Nanang dan Suhana, C. (2010). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Afitama.

Hermawan, dkk. (2007). Metode Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar. Bandung: UPI PRESS.

Hernawan, A. H., Asra, dan Dewi, L. (2007). Belajar dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Bandung: UPI Press.

Mulyasa, E. (2012). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, W. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.

Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya

Arends, R. I. and Kilcher, A. (2010). Teaching for student learning : Becoming an accomplished teacher.Oxon : Routledge.

Arikunto, Suharsimi, dkk., (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksasr


Article Metrics

Abstract view : 171 times | PDF view : 69 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats