Peningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Di Sekolah Dasar

Nurhaya Abaita(1*), Nurhaedah Nurhaedah(2), Lisnawati Lisnawati(3),

(1) SD NEGERI TIRTAWINAYA 1
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SDN KOMP. IKIP Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kelas VI SDN Tirtawinaya 1 Kota Cirebon pada muatan pelajaran IPA materi penyesuaian diri mahkluk hidup. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar  pada materi tersebut dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SDN Tirtawinaya 1 dengan jumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari 2 (dua) siklus dengan satu kali pertemuan kegiatan pembelajaran pada tiap siklusnya. Teknik analisis data menggunakan analisis uji statistik. Kriteria keberhasilan penelitian yang ditetapkan untuk hasil belajar siswa adalah 70 untuk skala penilaian 1-100 sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal muatan IPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan siswa berdasarkan data observasi yang diperoleh dari observer serta meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas VI tema 2 sub 2 dengan muatan pelajaran IPA disetiap siklusnya. Rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus hanya mencapai 60,36. Setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning pada siklus I rata-rata nilai hasil belajar siswa meningkat menjadi 70,27 dan pada siklus II meningkat menjadi 76,18. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar IPA.

Kata kunci: IPA; Hasil Belajar; Problem Based Learning.


Full Text:

PDF