Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Ketrampilan Berfikir Kritis Siswa Kelas Vi Sd Negeri Saratan

Verra Triyanti Agustin(1), Ila Israwaty(2), Sari Nikmah(3*),

(1) SD NEGERI 3 KEMLAKA GEDE
(2) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(3) Tematik, Kelas IV, UPT SPF SDN Kompleks IKIP I Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis muatan IPA siswa kelas VI SD pada materi cara perkembangbiakan pada hewan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dengan subjek penelitian siswa kelas VI SD Negeri Saratan tahun pelajaran 2021/2022 dengan subjek 10 siswa. Hasil penilitian menunjukkan bahwa penerapa model Problem Based Learning meningkatkan ketrampilan berfikir kritis siswa dapat dilihat dari prasiklus kategori sangat kritis 0 % kategori kritis 10%,cukup kritis 40%,Tidak kritis 20 %,sangat tidak kritis 30 %, meningkat pada siklus I I kategori sangat kritis 10%,, kritis 20 %, cukup kritis 30 %,tidak kritis 20 %, dan sangat tidak kritis 20 %. Meningkat pada siklus II kategori sangat kritis 20%, kritis 40%, cukup kritis 30%, tidak kritis 10%, sangat tidak kritis 0 %.Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar prasiklus adalah 60,2 dengan ketercapaian ketuntasan belajar 30% dari jumlah siswa yang mencapai KKM 75,kemudian terjadi peningkatan pada siklus I adalah 64,4% dengan ketercapaian 50% dan Kembali mengalami peningkatan pada siklus ke II adalah 87,20 dengan ketercapaian KKM 90%.Hal ini menunjukkan bahwa penerapan metode Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa yang berdampak pada hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Problem Based Learning; Kemampuan Berfikir Kritis

 


Full Text:

PDF

References


Cristina, L & Kristin(2017). Efektifitas model Pembelajaran dalam meningkatkan Kretivitas Berfikir Kritis dan hasil belajar siswa.Scholaria:Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. http://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/547

Faisal Miftakhul, Nyoto Harjono, 2018.Penerapan Model Based Learning untuk meningkatkan berfikir Kritis dan Hasil Belajar IPA dalam tema 8 Kelas 4 SD. Jurnal Mitra Pendidikan.

Moleong, Lexy. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya.

Muhammad Ilyas Ismail.2020.Evaluasi Pembelajaran: Konsep Dasar, Prinsip, Teknik, dan Prosedur

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Siti Zakiyah I, Kartika Chysti Suryandari,.(2017). Peningkatan Ketrampilan Berfikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran IPA, Kalam Cendikia. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p217-230

Suarni, (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan prestasi belajar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar.


Article Metrics

Abstract view : 239 times | PDF view : 140 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats