Meningkatan Hasil Belajar Kelas 3 Dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Nyata

Miftah Rosyadi(1*), Nurhaedah Nurhaedah(2), Lisnawati Lisnawati(3),

(1) SDN 2 SOROPATEN
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SDN Kompleks IKIP
(*) Corresponding Author



Abstract


 Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 3 dengan materi benda di sekitarku dengan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Media Nyata. Bentuk penelitian yang dilakukan adalah penelitian Tindakan kelas dengan subjek peserta didik kelas 3 SDN 2 Soropaten. Peserta didik yang mengikuti pembelajaran sebanyak 12 anak. Penelitian Tindakan kelas yang dilakukan dengan metode kualitatif dan kuantitatif. Materi pembelajaran benda di sekitarku yang termuat pada tema 3. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan tes tertulis yang diberikan kepada peserta didik menggunakan instrumen butir soal. Penelitian yang dilaksanakan melalui 2 siklus. Berdasarkan analisis yang dilakukan, dari 2 siklus yang dilaksanakan menunjukkan peningkatan hasil belajar yang mana pada siklus 1 rata-rata hasil belajar yang diperoleh adalah 72,15 dan pada siklus 2 hasil belajar yang diperoleh adalah 80,0. Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berbantuan media nyata dapat meningkatkan hasil belajar Peserta didik kelas 3.

 Kata Kunci: Hasil belajar, problem based learning, media nyata


Full Text:

PDF

References


Asrori, M. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Wacana Prima.

Esema, D., Susari, E., & Kurniawan , D. (2012). PROBLEM-BASED LEARNING. Salatiga: Program Pasca Sarjana - Magister Manajemen Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana https://ejournal.uksw.edu/satyawidya/article/download/133/121.

Fathurrohman, P., & Sutikno, M. S. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Refika Aditama.

Ibda, F. (2015). PERKEMBANGAN KOGNITIF: TEORI JEAN PIAGET. Intelektualita, https://www.jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/intel/article/download/197/178.

Muayyadatiddieny, Faridha; Lestari, Solatun Nur; Nurmaulana, Wara Itsna;. (2015). POTENSI SINTAKS PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING)-METAKOGNITIF DALAM MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Seminar Nasional Pendidikan Sains UKSW 2015 https://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/7750/2/PROS_Faridha%20M%2C%20Solatun%20Nur%20L%2C%20Wara%20IN_Potensi%20Sintaks_fulltext.pdf.

Sumiati, & Asra. (2009). Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.


Article Metrics

Abstract view : 268 times | PDF view : 156 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats