Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Lkpd Liveworksheets

Ida Nurul Huda(1*), Rosdiah Salam(2), Muh Hamkah(3),

(1) SDN 2 Parakanhonje
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa Kelas VI SDN 2 Parakanhonje Kecamatan Bantarkalong Kabupaten Tasikmalaya tahun pelajaran 2021/2022 dalam pembelajaran tematik muatan pelajaran IPA, materi mengidentifikasi sifat-sifat magnet. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar  pada materi tersebut dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) dan LKPD Liveworksheets. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI dengan jumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dimana terdapat satu kali pertemuan pembelajaran pada tiap siklusnya. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian yang ditetapkan untuk hasil belajar siswa adalah 70 dengan skala penilaian 1-100. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL dengan LKPD Liveworksheets dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan keaktifan siswa meningkat berdasarkan data observasi yang diperoleh dari observer. Kemudian hasil belajar siswa yang menjadi fokus utama dalam penelitian juga mengalami peningkatan tiap siklusnya. Rata-rata hasil belajar pada pra siklus mencapai 62,86. Setelah diterapkan model PBL dengan LKPD Liveworksheets pada siklus I, rata-rata nilai hasil belajar siswa meningkat menjadi 72,86 dan pada siklus II meningkat menjadi 83,57. Berdasarkan hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa model PBL dengan LKPD Liveworksheets berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Kata kunci: Problem Based Learning; LKPD Liveworksheets; Hasil Belajar.


Full Text:

PDF

References


Anitah W., Sri, dkk. (2010). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Hermawan, Ruswandi, dkk. (2010). Metode Penelitian Pendidikan SD. Bandung: UPI Press.

Muhtadi, Ali. (2019). Modul 3 Pembelajaran Inovatif. Jakarta.

Mulyasa, E. (2006). Menjadi Guru Professional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Sudjana, Nana. (2006). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Wardani, IG.A.K., dkk. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.


Article Metrics

Abstract view : 302 times | PDF view : 165 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats