Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vi Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL)

Sri Endang Pravita Sari(1*), Zaid Zainal(2), Taslim Tawil(3),

(1) SDN GEMBOL
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) PGSD, SD Impres Perumnas IV
(*) Corresponding Author



Abstract


Peningkatan Hasil Belajar Siswa siswa kelas VI melalui model pembelajaran Project Based Learning.Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi siswa kelas VI SD Negeri Gembol Kecamatan Bogorejo Kabupataen BLora Provinsi Jawa Tengah. Dari 13 siswa hanya 6 siswa atau sekitar 46.15 % yang mencapai kriteria ketuntasan minimum denga rata – rata hasil belajar siswa yaitu 60,69 dan termasuk dalam kategori sedang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajan project based learning (PjBL) guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Gembol Kecamatan Bogorejo Kabupaten Blora. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eknikn kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan eknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran project based learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Gembol Kecamatan Bogorejo Kabupaten Blora. Pada Siklus pertama 8 dari 13 siswa atau 61,54% siswa mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) dan rata – rata hasil belajar yang diperoleh oleh siswa adalah 73,78 dan termasuk kedalam kategori tinggi. Pada siklus kedua 11 dari 13 siswa atau 84,61 % siswa mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) dengan rata – rata hasil belajar yang diperoleh siswa adalah 81,46 dan termasuk kedalam kategori sangat tinggi.

Kata Kunci: Hasil Belajar; Project Based Learning (PjBL).


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi dan Sugiyanto.(2016). Penelitian Tindakan Kelas.Bumi Aksara: Jakarta

Cahir. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa kelas VI SD Negeri 329 Palambarae Kabupaten Bulukumba Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe TGT.Pinisi Journal Of Profesional. https://ojs.unm.ac.id/TPJ

Depdiknas. (2006). Undang – undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen serta Undang – Undang Republika Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas. Citra Umbara : Jakarta

Lukitasari, Hafidzah.(2015).Penerapan Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Mind Map Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa Kelas IV SDN 01 Pekalongan Kecamatan Bojongsari Kabupaten Purbalingga. Skripsi FIP PGSD. Semarang. UNNES

Permendiknas (2009).No. 22, Kompetensi Dasar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Sekolah Dasar Kelas I-VI.

Rona, Taula Sari & Siska Angraeni.(2018).Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa.Journal UMS. Vol.30, No 1 Juni 2018: 79 – 83. http://journals.ums.ac.id

Rusman.(2012).Seri Manajemen Sekolah Bermutu, Model – Model Pembelajaran:Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Pers: Jakarta

Slameto,(1991).Belajar dan faktor – faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta: Jakarta

Saefudin.A.A.(2012).Pengembangan Kemampuan Berfikir Kreatif siswa dalam Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI).Al Bidayah Vol.4, Juni 2012: 37 - 48

Sugiyono.(2008). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta:Bandu


Article Metrics

Abstract view : 907 times | PDF view : 258 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats