Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vi Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL)

Sri Endang Pravita Sari(1*), Zaid Zainal(2), Taslim Tawil(3),

(1) SDN GEMBOL
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) PGSD, SD Impres Perumnas IV
(*) Corresponding Author



Abstract


Peningkatan Hasil Belajar Siswa siswa kelas VI melalui model pembelajaran Project Based Learning.Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi siswa kelas VI SD Negeri Gembol Kecamatan Bogorejo Kabupataen BLora Provinsi Jawa Tengah. Dari 13 siswa hanya 6 siswa atau sekitar 46.15 % yang mencapai kriteria ketuntasan minimum denga rata – rata hasil belajar siswa yaitu 60,69 dan termasuk dalam kategori sedang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajan project based learning (PjBL) guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Gembol Kecamatan Bogorejo Kabupaten Blora. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eknikn kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan eknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran project based learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Gembol Kecamatan Bogorejo Kabupaten Blora. Pada Siklus pertama 8 dari 13 siswa atau 61,54% siswa mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) dan rata – rata hasil belajar yang diperoleh oleh siswa adalah 73,78 dan termasuk kedalam kategori tinggi. Pada siklus kedua 11 dari 13 siswa atau 84,61 % siswa mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) dengan rata – rata hasil belajar yang diperoleh siswa adalah 81,46 dan termasuk kedalam kategori sangat tinggi.

Kata Kunci: Hasil Belajar; Project Based Learning (PjBL).


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi dan Sugiyanto.(2016). Penelitian Tindakan Kelas.Bumi Aksara: Jakarta

Cahir. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa kelas VI SD Negeri 329 Palambarae Kabupaten Bulukumba Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe TGT.Pinisi Journal Of Profesional. https://ojs.unm.ac.id/TPJ