Peningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning

Yogi Prananta Asianto(1*), Zaid Zainal(2), Taslim Tawil(3),

(1) SD Negeri 1 Sindang
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Impres Perumnas IV
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilakukan di kelas V SD Negeri 1 Sindang Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Hal ini dikarenakan keaktifan siswa yang masih rendah sehingga berdampak pada  hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah  penelitian tindakan kelas yang mengacu dengan model John Elliot dengan subjek penelitian 17 siswa yang dilaksanakan dalam dua siklus. Model Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah teknik analisis data deskriptif dari data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Penerapan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Sindang. Hal ini terlihat dari observasi keaktifan siswa siklus I sejumlah 1 siswa (5,88%) termasuk sangat aktif, 3 siswa (17,64%) termasuk aktif, 8 siswa (47,05%) termasuk cukup aktif, 5 siswa (29,41%) termasuk kurang aktif. Untuk hasil belajar siswa pada siklus I sejumlah 1 siswa (5,88%) termasuk sangat baik, 5 siswa (29,41%) termasuk baik, 8 siswa (47,05%) termasuk cukup, 3 siswa (17,64%) termasuk kurang, kemudan pada siklus II observasi keaktifan siswa menunjukan sebanyak 3 siswa (17,64%) termasuk sangat aktif, 8 siswa (47,05) termasuk aktif, 6 siswa (35,29%) termasuk cukup aktif. Untuk hasil belajar siswa pada siklus II menunjukan sebanyak 3 siswa (17,64%) termasuk sangat baik, 7 siswa (41,17%) termasuk baik, 7 siswa (41,17%) termasuk cukup. Berdasarkan hasil siklus I dan II keaktifan dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Sindang mengalami peningkatan keaktifan dan hasil belajar serta sudah tidak ada lagi yang tergolong kurang. 2) Penerapan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan antusias, kreatifitas, dan semangat siswa dalam belajar.

Kata Kunci: Tematik Terpadu; Project Based Learning (Pjbl)