Peningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning
(1) SD Negeri 1 Sindang
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Impres Perumnas IV
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini dilakukan di kelas V SD Negeri 1 Sindang Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Hal ini dikarenakan keaktifan siswa yang masih rendah sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu dengan model John Elliot dengan subjek penelitian 17 siswa yang dilaksanakan dalam dua siklus. Model Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah teknik analisis data deskriptif dari data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Penerapan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Sindang. Hal ini terlihat dari observasi keaktifan siswa siklus I sejumlah 1 siswa (5,88%) termasuk sangat aktif, 3 siswa (17,64%) termasuk aktif, 8 siswa (47,05%) termasuk cukup aktif, 5 siswa (29,41%) termasuk kurang aktif. Untuk hasil belajar siswa pada siklus I sejumlah 1 siswa (5,88%) termasuk sangat baik, 5 siswa (29,41%) termasuk baik, 8 siswa (47,05%) termasuk cukup, 3 siswa (17,64%) termasuk kurang, kemudan pada siklus II observasi keaktifan siswa menunjukan sebanyak 3 siswa (17,64%) termasuk sangat aktif, 8 siswa (47,05) termasuk aktif, 6 siswa (35,29%) termasuk cukup aktif. Untuk hasil belajar siswa pada siklus II menunjukan sebanyak 3 siswa (17,64%) termasuk sangat baik, 7 siswa (41,17%) termasuk baik, 7 siswa (41,17%) termasuk cukup. Berdasarkan hasil siklus I dan II keaktifan dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Sindang mengalami peningkatan keaktifan dan hasil belajar serta sudah tidak ada lagi yang tergolong kurang. 2) Penerapan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan antusias, kreatifitas, dan semangat siswa dalam belajar.
Kata Kunci: Tematik Terpadu; Project Based Learning (Pjbl)
Full Text:
PDFReferences
Aji, W., Sulasmono, B. S., & Setyaningtyas. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning di Kelas IV SD N Tingkir Tengah 2. Jurnal Basicedu, 3 (1), 11-21. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.70
Arianti, N. M., Wiarta, I. W., & Darsana, I. W. (2019a). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Berbantuan Media Semi Konkret terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4). https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21765
Batubara, H. H., & Batubara, D. S. (2020). Penggunaan Video Tutorial Untuk Mendukung
Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Virus Corona. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 21. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v5i2.2950
Chanifah, M., Relmasira, s.c., & Hardini. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V SD. Jurnal Basicedu, 3 (1), 163-168. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.96
Isman. (2017). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
Lingga Indra Yani & Taufina Taufik. (2020). Penerapan Model Based Learning Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V Sekolah Dasar (Studi Letaratur). E-Jurnal, Vol.8, 70-82. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pgsd/article/view/10436/4268
Lintang Mahardika, Ruswandi Hermawan & Arie Rakhmat Riyadi. (2017). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol. 2, 15-25. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpgsd/article/view/13238
Milhatul Hikmah. (2020). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Pemrograman Dasar Siswa. Jurnal Teknodik, vol. 24, 25-36. https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/376/453
Puspita, M., Slameto, S., & Setyaningtyas, E. W. (2018). Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 Sd Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi,1(1), 120. https://doi.org/10.31764/justek.v1i1.416
Yulia, Tri Dkk. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep Energi Panas Melalui Penerapan Model Project-Based Learning (PJBL), 1-6.
Article Metrics
Abstract view : 274 times | PDF view : 165 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pgsdjurnal@gmail.com
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats