Peningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning

Yogi Prananta Asianto(1*), Zaid Zainal(2), Taslim Tawil(3),

(1) SD Negeri 1 Sindang
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Impres Perumnas IV
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilakukan di kelas V SD Negeri 1 Sindang Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Hal ini dikarenakan keaktifan siswa yang masih rendah sehingga berdampak pada  hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah  penelitian tindakan kelas yang mengacu dengan model John Elliot dengan subjek penelitian 17 siswa yang dilaksanakan dalam dua siklus. Model Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah teknik analisis data deskriptif dari data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Penerapan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Sindang. Hal ini terlihat dari observasi keaktifan siswa siklus I sejumlah 1 siswa (5,88%) termasuk sangat aktif, 3 siswa (17,64%) termasuk aktif, 8 siswa (47,05%) termasuk cukup aktif, 5 siswa (29,41%) termasuk kurang aktif. Untuk hasil belajar siswa pada siklus I sejumlah 1 siswa (5,88%) termasuk sangat baik, 5 siswa (29,41%) termasuk baik, 8 siswa (47,05%) termasuk cukup, 3 siswa (17,64%) termasuk kurang, kemudan pada siklus II observasi keaktifan siswa menunjukan sebanyak 3 siswa (17,64%) termasuk sangat aktif, 8 siswa (47,05) termasuk aktif, 6 siswa (35,29%) termasuk cukup aktif. Untuk hasil belajar siswa pada siklus II menunjukan sebanyak 3 siswa (17,64%) termasuk sangat baik, 7 siswa (41,17%) termasuk baik, 7 siswa (41,17%) termasuk cukup. Berdasarkan hasil siklus I dan II keaktifan dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Sindang mengalami peningkatan keaktifan dan hasil belajar serta sudah tidak ada lagi yang tergolong kurang. 2) Penerapan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan antusias, kreatifitas, dan semangat siswa dalam belajar.

Kata Kunci: Tematik Terpadu; Project Based Learning (Pjbl)


Full Text:

PDF

References


Aji, W., Sulasmono, B. S., & Setyaningtyas. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning di Kelas IV SD N Tingkir Tengah 2. Jurnal Basicedu, 3 (1), 11-21. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.70

Arianti, N. M., Wiarta, I. W., & Darsana, I. W. (2019a). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Berbantuan Media Semi Konkret terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4). https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21765

Batubara, H. H., & Batubara, D. S. (2020). Penggunaan Video Tutorial Untuk Mendukung

Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Virus Corona. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 21. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v5i2.2950

Chanifah, M., Relmasira, s.c., & Hardini. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V SD. Jurnal Basicedu, 3 (1), 163-168. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.96

Isman. (2017). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Lingga Indra Yani & Taufina Taufik. (2020). Penerapan Model Based Learning Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V Sekolah Dasar (Studi Letaratur). E-Jurnal, Vol.8, 70-82. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pgsd/article/view/10436/4268

Lintang Mahardika, Ruswandi Hermawan & Arie Rakhmat Riyadi. (2017). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol. 2, 15-25. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpgsd/article/view/13238

Milhatul Hikmah. (2020). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Pemrograman Dasar Siswa. Jurnal Teknodik, vol. 24, 25-36. https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/376/453

Puspita, M., Slameto, S., & Setyaningtyas, E. W. (2018). Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 Sd Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi,1(1), 120. https://doi.org/10.31764/justek.v1i1.416

Yulia, Tri Dkk. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep Energi Panas Melalui Penerapan Model Project-Based Learning (PJBL), 1-6.


Article Metrics

Abstract view : 274 times | PDF view : 165 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats