Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas II UPTD SD Negeri 3 Pare-pare

Nur Laily(1*), Rosdiah Salam(2), Zusanti Zusanti(3),

(1) UPTD SD Negeri 3 Parepare
(2) PGSD, Universitas Negeri Makassar
(3) SD Unggulan Toddopuli Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II UPTD SD Negeri 3 Parepare. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas II UPTD SD Negeri 3 Parepare pada semester genap 2020/2021 yang berjumlah 29 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Data yang dikumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan diperoleh skor rata-rata pada siklus I sebesar  78,62. Dan standar deviasinya 10,255. Selanjutnya pada siklus II diperoleh skor rata-ata hasil belajar siswa sebesar 87,93 dan standar deviasinya 8,61 ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I yaitu 52,76 %.  Dan pada siklus II terjadi peningkatan yakni 89 %. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ihsan, 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Problem-Based Learning terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X IPS SMA N 1 Suralaga Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Media Biana Ilmiah, 14(6): 45-49

Jannah, Mailatul, dkk. Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Daring pada Peserta Didik Kelas VI SD Muhammadiyah Bantul Kota Melalui Model Zoo Wa Zoo. November 29, 2021. http://eprints.uad.ac.id/21490/1/33.%20Mailatul%20Jannah%20%281253-1267%29.pdf.

Lasmini, Ni Wayan. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 2 Tatura. November 27, 2021. https://media.neliti.com/media/publications/116269-ID-meningkatkan-hasil-belajar-siswa-melalui.pdf

Maisaroh dan Rostrieningsih. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team Pada Mata Pelajaran Keterampilan Dasar Komunikasi Di SMK. November 29, 2021. https://journal.uny.ac.id/index.php/jep/article/viewFile/571/427

Rosdiana, dkk. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Materi Berbagai Pekerjaan melalui Model Problem Based Learning (PBL) Pada SD Negeri 12 Sawang. November 28, 2021. http://eprints.uad.ac.id/21360/1/18.%20Rosdiana%20dian-PGSD%20%28838-845%29.pdf

Suryani, Karmila. 2019. Peningkatan Kemampuan Berpikir Peserta Didik Menggunakan Problem-Based Learning. Journal Pendidikan, 17 (2).

Wijayanti, R. 2016. Peningkatan Prestasi Belajar Pkn Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Basic Education, 5(34), 3- 227.


Article Metrics

Abstract view : 87 times | PDF view : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats