Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas V UPT SD Negeri 2 Timoreng Panua

Munadiah Ms(1*), Rosdiah Salam(2), Zusanti Zusanti(3),

(1) UPT SD Negeri 2 Timoreng Panua
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Inpres Unggulan Toddopuli Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan dari model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar kelas V UPT SD Negeri 2 Timoreng Panua. Ada pun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V UPT SD Negeri 2 Timoreng Panua pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 16 orang. Pengambilan data dilakukan dengan tes hasil belajar dan observasi. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Pada siklus 1 menunjukkan nilai terendah 50 dan nilai tertinggi 90 dengan skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 69,37. Selanjutnya pada siklus 2 menunjukkan nilai terendah 60 dan tertinggi 100 dengan skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 80,00. Ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I yaitu 43,75% dan pada siklus 2 terjadi peningkatan yaitu 87,50%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Problem Based Learnin; Hasil belajar.

 


Full Text:

PDF

References


Ali, Mudlofir & Evi Fatimatur Rusdiyah. Desain Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2017.

Arikunto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Damayanti, Putri. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 2 di SD Negeri Tegalrejo 2. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Lubis, Maulana Arafat dan Nashran Azizan. 2020. Pembelajaran Tematik SD/MI. Jakarta: Kencan A.

Margono. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Purwanto. 2010. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Kompetensi Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Setiana, Savina. 2021. Penerapan Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar, (Online), http://www.kebumenekspres.com/2021/04/penerapan-pembelajaran-tematik-di.html, (diakses 23 November 2021)

Suparlan. 2007. Filsafat Pendidikan. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Indonesia Legal Center Publishing.


Article Metrics

Abstract view : 102 times | PDF view : 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats