Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Keberagaman Suku, Budaya, Agama Melalui Metode Problem Based Learning

Yuli Herni Purwati(1*), Hamzah Pagarra(2), Abdul Rahim(3),

(1) SDN Geneng 2
(2) Universitas Negeri Makasar
(3) UPT SPF SD INPRES MACCINI SOMBALA
(*) Corresponding Author



Abstract


Perbedaan suku, ras, agama, adat istiadat, pola pikir antara individu-individu siswa adalah suatu keniscayaan yang harus disikapi dengan cara demokratis. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang keragaman suku, budaya, dan agama. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pemahaman siswa tentang keberagaman suku, ras, agama prasiklus adalah 60,92 dengan ketercapaian ketuntasan pemahaman siswa tentang keberagaman suku, budaya , dan  agama 29,2 % dari jumlah siswa yang mencapai KKM 75, kemudian terjadi peningkatan pada siklus 1 adalah 74 dengan ketercapaian 83,3 %, dan kembali mengalami peningkatan pada sikus 2 adalah 80,3 dengan ketercapaian ketuntasan 95,83%.. Hal tersebut menunjukan bahwa penerapan metode  Problem baswed learning berhasil meningkatkan pemahaman siswa tentang keberagaman suku, ras, dan agama.

Kata Kunci: Problem Basic Learning, Power Point Interaktif. 


Full Text:

PDF

References


Amir, M. Taufiq. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Antrock, J. W. (2011). Educational Psychology, Diana Angelica. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.

Ade Miftah Fauzi, Kurnia Noviartati. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe Tandur Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Eletronik Pembelajaran Matematika, 240-248.

Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya. Arikunto. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Chatib, M. (2016). GURUNYA MANUSIA. Bandung: PT. Mizan Pustaka.

Fadlilah, M. (2014). Implementasi Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hermawan, R. (2007). Metode Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar. Bandung: Bandung: UPI Press.

Kunandar. (2009). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudiran, R. A. (2015). Penelitian Tindakan Kelas Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: TSmart.


Article Metrics

Abstract view : 845 times | PDF view : 158 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats