Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Model Problem Based Learning Pada Kelas IV SDN Pegadingan 06
(1) SD Negeri Pegadingan 06
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini didasari oleh masalah yang terjadi dalam pembelajaran di kelas IV SD, fokus masalah diuraikan sebagai berikut: bagaimana gambaran penerapan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada siswa kelas IV SD. Data awal yang di dapatkan menunjukkan bahwa pada kelas IV semester I banyak siswa yang nilainya masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70. Data hasil belajar dari 23 siswa, hanya 7 siswa (30 %) yang mendapat nilai diatas KKM dan sisanya 16 siswa (70%) nilainya dibawah KKM. Rendahnya hasil belajar disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu minat belajar siswa yang rendah, dan guru belum menggunakan model pembelajaran inovatif, serta media kurang menarik. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas IV tersebut dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian yaitu meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Pegadingan 06. Langkah penelitian disesuaikan dengan tahapan pelaksanaan penelitian PTK yang meliputi Perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, test dan kajian dokumen. Teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar IPA siswa mengalami peningkatan. Keterampilan guru dalam pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning (PBL) siklus I memperoleh rata-rata skor siklus I yaitu 18 kriteria baik dan meningkat pada siklus IV dengan rata-rata skor 21 kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata skor 2,34 kriteria cukup dan meningkat pada siklus II dengan rata- rata skor 2,94 kriteria baik dan pada silkus III dengan rata rata skor 3 dengan kriteria baik. Ketuntasan belajar siswa siklus I adalah 53% ,sedangkan pada siklus II ketuntasan meningkat menjadi 70% dan siklus III ketuntasan meningkat menjadi 85%. Kesimpulan penelitian bahwa model pembelajaran Problem Based Learning yang dterapkan dengan baik dapat meningkatkan kualitas pembelajaran siswa kelas IV SD.
Kata Kunci: Problem Based Learning; Model Pembelajaran; Kualitas Pembelajaran.
Full Text:
PDFReferences
Aqib, Zaenal dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.
Baharudin, Esa. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Budiningsih, Asri. 2008. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. 2004. Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.
Saiful Sagala, (2006). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV. Alfabeta
Rahmania. 2011. Definisi Aktivitas Siswa. Diunduh melalui http://id.shvoong.com/social- sciences/education/2253227-definisi-aktivitas-siswa/ (pada tanggal 26 September 2021, pukul 21.11)
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Sanjaya, Wina. 2008. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Winataputra. Udin S. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Universitas Terbuka.
Amir Taufik. 2009. Inovasi Pendidikan Malalui Problem Based Learning. Jakarta: Prenada Media group
Article Metrics
Abstract view : 42 times | PDF view : 16 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: [email protected]
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats