Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning di Kelas IV SD

Fadliana Fadliana(1*), Andi Dewi Riang Tati(2), Asriani Arifuddin(3),

(1) SD Negeri 056 Basseang
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SDN 1 Padduppa
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 056 Basseang Kec.Anreapi, Kab.Polewali Mandar. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 056 Basseang pada semester ganjil 2020/2021 yang berjumlah 12 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Data yang dikumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Pada siklus I menunjukkan nilai terendah 50 dan nilai tertinggi 80 dengan skor rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 65. Selanjutnya pada siklus II menunjukkan nilai terendah 70 dan nilai tertinggi 90 dengan skor rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 82. Ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I yaitu 60% dan pada siklus II terjadi peningkatan yakni 85%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas IV SD Negeri 056 Basseang dengan melihat pencapaian nilai yang telah diperoleh.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Basic Learning (PBL); Hasil Belajar Peserta Didik..


Full Text:

PDF

References


Daryanto. (2014) Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media, 2014.

M. I. dan M. Nur, “M. Ibrahim dan M. Nur. (2000). Pembelajaran Berdasarkan Masalah Surabaya: UnesaUniversity.,” Unesa Univ. Surabaya.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Slameto, 2015. Metodologi Penelitian dan Inovasi Pendidikan. Salatiga: Satya Wacana University Press

Sudjana , N. (2010). Dasar-Dasar Proses Belajar. Bandung: Sinar Baru. . (2005). Metode Statistika Edisi ke-6. Bandung: Tarsito.

Suprijono, Agus. (2013). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Majid, I. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Sains Siswa kelas V SD Tunas Barito Sidangoli Melalui Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada Konsep Perubahan Sifat. EDUKASI-Jurnal Pendidikan. 13 (1): 193

Taufiq, A. 2014. Pendidikan Anak di SD

Setyosari, P. & Sumarmi, S. 2017. Penerapan Model Problem Based Learning MeningkatkanMotivasi dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(9), 1188-1195.


Article Metrics

Abstract view : 79 times | PDF view : 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

 

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats