Pembelajaran Berbasis Perkembangan Emosional Peserta Didik Di Masa Pandemi Covid 19

Ingelin Narsita(1), Latri Latri(2*), Nazwar Muslan(3),

(1) SD Negeri Kuningan 01 Semarang
(2) PGSD FIP Universitas Negeri Makassar
(3) SDN Komp. IKIP I
(*) Corresponding Author



Abstract


Pandemi covid-19 telah membuat semua negara di dunia membatasi interaksi sosial warga negaranya, termasuk dalam dunia pendidikan, termasuk Indonesia. Pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan platform-platform pembelajaran digital digunakan oleh guru di Indonesia dalam memberikan pembelajaran kepada siswa sejak bulan Maret 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulan dan menganalisa artikel yang berkaitan dengan dampak pembelajaran jarak jauh terhadap perkembangan peserta didik dan memberikan pemaparan mengenai pentingnya bagi guru untuk menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh berbasis perkembangan emosional peserta didik. Desain penelitian ini adalah literature review, artikel dikumpulkan menggunakan manajer referensi Mendeley dan mesin pencari Google. Kata kunci yang digunakan adalah “perkembangan peserta didik di masa pandemi”. Kriteria artikel mulai dari tahun 2017-2021. Berdasarkan analisis diambil kesimpulan bahwa penting bagi guru untuk dapat menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh dengan mempertimbangkan aspek emosional atau afektif siswa agar terselenggara pembelajaran yang efektif, menyenangkan, dan mengurangi tingkat stress anak selama masa pandemi.


Full Text:

PDF

References


Ariyana, Yoki, dkk. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat tinggi. Jakarta: Dirjen GTK Kemdikbud.

Diahwati, R., Hariyono, H., & Hanurawan, F. (2016). Keterampilan Sosial Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Inklusi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(8), 1612-1620.

Hadiana, D. (2015). Penilaian Hasil Belajar Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 21(1), 15-26.

Hakim, L. (2012). Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembentukan Sikap dan Perilaku Siswa Sekolah Dasar Islamm Terpadu Al-Muttaqin Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, 10(1), 67-77.

Hayati, Fitri, Neviyarni, Irdamurni. (2021). Karakteristik Siswa Sekolah Dasar: Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5 (1), 1809-1815.

Hidayah, N. (2015). Pembelajaran Tematik Integrative di Sekolah Dasar. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(1), 34-49.

Kurnia, Titim, Yudha Andana Prawira. Pemenuhan Aspek Afektif Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Jarak jauh Melalui Komitmen Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan dasar Indonesia, 5(2), 40-44.

Kurniawan, M.I. (2015). Tri Pusat Pendidikan Sebagai sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 4(1), 41-49.

Masganti. (2012). Perkembangan Peserta Dididk. Medan: Perdana Publishing.

Samiudin. (2017). Pentingnya Memahami Perkembangan Anak Untuk Menyesuaikan Cara Mengajar yang Diberikan. Pancawahana: Jurnal Studi islam, 12 (1), 1-9.

Silawati, E. (2016). Simulasi Guru Pada Pembelajaran Anak Usia Dini.


Article Metrics

Abstract view : 126 times | PDF view : 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats