Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VI Melalui Model Pembelajaran PBL Di SD Karangturi Tahun Ajaran 2021/ 2022
(1) SD Karangturi Semarang
(2) Universitas Negeri Makasar
(3) SD Negeri Bontocinde
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi pada peserta didik kelas VI Sekolah Dasar Karangturi Kecamatan Semarang Timur Kota Semarang dalam pembelajaran tema 2 Persatuan Dalam Perbedaan Subtema 3 Bersatu Kita Teguh Pembelajaran 3. Dari 13 peserta didik hanya 6 peserta didik atau sekitar 46,15% yang mencapai kriteria ketuntasan minimal. Guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VI Sekolah Dasar Karangturi Kecamatan Semarang Timur Kota Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah problem based learning. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar yang dianalisis dengan menggunakan ragam persentase. Pada siklus pertama 7 dari 13 peserta didik atau 53,85% peserta didik mencapai kriteria ketuntasan minimal. Pada siklus kedua 11 dari 13 peserta didik atau 84,61% peserta didik mencapai kriteria ketuntasan minimal. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VI Sekolah Dasar Karangturi Kecamatan Semarang Timur Kota Semarang.
Keywords: Hasil Belajar; Problem Based Learning.
Full Text:
PDFReferences
Amanaturrakhmah, Kardoyo,& Achmad R. (2017). Manajemen Pembelajaran Tematik di Kelas Tinggi SD Percontohan Kabupaten Indramayu. Journal of Primary Education, 6 (2) ,159165.
Amir Taufiq, M. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana
Bempah Octaviani, Haryati. (2014). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Kalkulus I Materi Limit Fungsi. Artikel. Universitas Negeri Gorontalo.
Eka Eismawati. (2019). Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) siswa kelas 4 SD. Diakses pada tanggal 3 Desember 2021 pukul 11:00 WIB. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika.
Fakhriyah. (2014). Penerapan Problem Based Learning Dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal. Vol 3 hlmn 1. Diakses pada tanggal 29 November 2021 pukul 20:30 WIB. Kudus: Universitas Muria Kudus.
Hakim, Muhammad Syaiful. (2019) Penerapan Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Kelas 4 di SD Negeri Koripan 01 Kabupaten Semarang untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Diakses pada tanggal 3 Desember 2021 pukul 16:00 WIB. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.
https://repository.uksw.edu/handle/123456789/20041
Nana Sudjana. 2002. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Pahlavi Reza, Septi. 2014. Pengaruh Metode Socrates Dalam Pembelajaran Bangun Datar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMP Kristen Satya Wacana Tahun Ajaran 2013/2014. Diakses pada tanggal 3 Desember 2021 pukul 16:00 WIB. Skripsi. Salatiga: UKSW.
Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Wardoyo Mangun, Sigit. 2013. Pembelajaran konstruktivisme. Bandung: Alfabeta.
Yarsina, F. (2016). Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas 4 SDN Kutowinangun 12 Salatiga Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016 (Doctoral dissertation), Diakses pada tanggal 3 Desember 2021 pukul 13:00 WIB. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
Article Metrics
Abstract view : 1001 times | PDF view : 242 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: [email protected]
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats