Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Peserta Didik Kelas II SD Negeri Jati 02

Susilowat Susilowat(1*), Erma Suryani Sahabuddin(2), Bhakti Pandi Hasin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Rendahnya hasil belajar peserta didik dalam muatan pelajaran Bahasa Indonesia materi kalimat perintah. Hal ini dibuktikan dengan ketercapaian hasil belajar peserta didik 33,33% dari 12 peserta didik belum mencapai nilai ketuntasan minimal yang ditetapkan yaitu 70. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah: (1) mengetahui proses pembelajaran Bahasa Indonesia dengan model Problem Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah), untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terkait dengan materi kalimat perintah dan (2) mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas II SDN Jati 02 terkait dengan materi kalimat perintah dengan model Problem Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, yang pada setiap siklusnya dilakukan satu tindakan. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas II SDN Jati 02 yang terdiri dari 12 orang peserta didik. Hasil penelitian menggunakan metode Problem Based Learning menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik juga menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan. Pada siklus pertama nilai rata-rata peserta didik mencapai 75 atau sebanyak 75% peserta didik mencapai nilai ketuntasan yang di terapkan. Dan pada siklus 2 mengalami peningkatan kembali yaitu nilai rata rata yang diperoleh adalah 90,56 atau 83,33% peserta didik mencapai ketuntasan minimal. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik materi kalimat perintah.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Problem Based Learning, Kalimat Perintah


Full Text:

PDF

References


Anni, Chatarina Tri.2006. Teori Pembelajaran. Semarang: MKU UNNES.

Arifin, Zainal. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri., dkk. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Kamdi, Waras. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Malang: Universitas Negeri Malang.

Mulyasa, E. 2006. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurhadi, Senduk. 2000. Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Prastowo, Andi. 2013. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Dua Press

Shoimin. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suprijono. 2012. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Article Metrics

Abstract view : 196 times | PDF view : 92 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

 

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats