Keefektifan Penerapan Model Question Student Have Terhadap Keterampilan Menyimak Siswa Kelas V SDN No. 191 Inpres Paku Kabupaten Takalar

A. Elva Ayu Lestari(1), Widya Karmila Sari Ahmad(2*), Rohana Rohana(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Penelitian ini adalah penelitian Pre-Eksperiment yang bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan model question student have terhadap siswa kemudian untuk mengetahui gambaran keterampilan menyimak dengan menggunakan model question student have pada siswa serta untuk mengetahui apakah model ini efektif untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas V SDN No.191 Inpres Paku Kabupaten Takalar. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian One-Group Pre-Test Post-Test Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model question student have, sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan menyimak siswa. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN No.191 Inpres Paku Kabupaten Takalar dengan jumlah siswa 34 orang. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan lembar soal pretest dan posttest. teknik analisis data yaitu dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan statistik inferensial diperoleh uji paired samples t-test sebesar 0,002 lebih kecil dari 0,05. Hal ini membuktikan bahwa terdapat keefektifan dalam penerapan model Question Student Have terhadap Keterampilan Menyimak Siswa Kelas V SDN No. 191 Inpres Paku Kabupaten Takalar. Kata Kunci: Model Question Student Have, keterampilan menyimak siswa. Abstract This research is a pre-experimental research which aims to describe the application of the question student have model to students then to find out the description of listening skills using the question student have model on students and to find out whether this model is effective in improving the listening skills of fifth grade students at SDN No. 191 Inpres Paku Takalar Regency. The approach in this study is a quantitative approach with a research design of One-Group Pre-Test Post-Test Design. The independent variable in this study is the question student have model, while the dependent variable is students' listening skills. The population and sample in this study were all fifth grade students at SDN No. 191 Inpres Paku, Takalar Regency with 34 students. The research data were obtained by providing pretest and posttest question sheets. Data analysis techniques are descriptive statistical analysis and inferential statistical analysis. Based on inferential statistics, the paired samples t-test of 0.002 is smaller than 0.05. This proves that there is effectiveness in the application of the Question Student Have model to the Listening Skills of Class V SDN No. 191 Inpres Paku Takalar Regency. Keywords: Question Student Have Model, student listening skills

Full Text:

PDF

References


Agung, Kurniawan 2016. Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pembaharuan.

Asdam, Muhammad. 2016. Bahasa Indonesia (Pengantar Pembangunan Kepribadian dan Intelektual). Makassar: DIPa

Bahri, Arsyad. dkk. 2012. Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Question Student Have dan Kemampuan Akademik Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VIII SMPN 2 Camba. Jurnal Sainsma, 1(1): 41-51 https://ojs.unm.ac.id/sainsmat/article/view/455 Diakses pada 7 Februari 2020

Fatkhan, A. H. 2017. Pengertian Model Pembelajaran Question Students Have. Artikel Farkhan.web.id https://fatkhan.web.id/questions-students-have-adalah-suatu-variasi-dari-pembelajaran-aktif-yang-berarti-pertanyaan-siswa/

Georgopolous dan Tannenbaum. 2016. Efektivitas Organisasi. Jakarta: Erlangga.

Hidayat. 2016. Teori Efektifitas Dalam Kinerja Karyawan. Yogyakarta: Gajah. Mada University Press.

KBBI Tim penyusun, 2014. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Manurung, S. H. (2015). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keefektifan Belajar Matematika Siswa Mts Negeri Rantau Prapat Pelajaran 2013/2014Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keefektifan Belajar Matematika Siswa Mts Negeri Rantau Prapat Pelajaran 2013/2014. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(01), 42695.

Munirah. 2018. Evaluasi Keterampilan Berbahasa Indonesia. Makassar: CV. Berkah Utami

Nofika, Mega. 2019. Pengembangan Keterampilan Bertanya Siswa Dalam Pembelajaran Tentang Vektor Menggunakan Model Pembelajaran Problem Composing.

Nurdiansyah, Erwin. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Question Student Have Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Al Hijrah Kota Makassar. International Journal of Educational Research, 1(2):124.http://www.journal-uim-makassar.ac.id/index.php/AIJER/article/view/305 Diakses pada 7 Februari 2020

Rohana, R., Thahir, S., & Azahrah, F. F. (2019). Improving Motivation English Learning By Implementation Savi Approach at PGSD Students.

Sholeh, M. (2017). Keefektifan Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 1(1), 41-54. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jdmp/article/view/560/410

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D). Bandung: Alfabet.

Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Dapartement Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS)

Vianata, Haning. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Que stion Student Have Terhadap Hasil Belajar IPS Sejarah Siswa. Indonesian Journal of History Education,1(1):2-3. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/243 Diakses pada 3 Februari 2020.

Wibowo, Hari. 2012. Teori-Teori Belajar dan Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Puri Cipta Media


Article Metrics

Abstract view : 96 times | PDF view : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

 

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats