HAPPINESS AND ACADEMIC ACHIEVEMENT OF STUDENTS IN THE MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCE FACULTY, UNIVERSITY OF MAKASSAR

Rosdiana Ngitung(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebahagiaan dan prestasi akademik mahasiswa Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar. Selain itu peneliti memperoleh gambaran perbedaan kebahagiaan antara mahasiswa laki-laki dan perempuan serta faktor-faktor penyebab kebahagiaan. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah sejumlah 135 mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini Adalah Dispositional Positive Emotions Scale yang dibuat oleh Shiota, Kaltner, dan John pada tahun 2006 untuk mengukur kebahagiaan dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) untuk mengukur prestasi mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kooefisien korelasi sebesar 0,607 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05). Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kebahagiaan dan prestasi akademik mahasiswa di Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa mahasiswa perempuan lebih memiliki kebahagiaan yang tinggi dibandingkan laki-laki. Mahasiswa di Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar memiliki adaptasi dan penyesuaian diri yang baik serta interaksi sosial yang baik dengan lingkungan kampus sehingga dapat meingkatkan kebahagiaan dan prestasi akademik mahasiswa.


Full Text:

PDF

References


Wahab, Rohmalina. (Ed.). (2016). Psikologi Belajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Saparuddin. (2020). Mahasiswa Jurusan Biologi Terpilih Sebagai Mahasiswa Berprestasi II FMIPA UNM. Website Jurusan Biologi.

Seligman, M. E. P., Steen, T. A., Park, N., & Peterson, C. (2005). Positive Psychology Progress: Empirical Validation of Interventions. American Psychologist, 60(5), 410–421. https://doi.org/10.1037/0003-066X.60.5.410

Khodijah, N. (2006). Psikologi Belajar. Palembang: IAIN Raden Fatah Press Suriasumantri (ed), 1983. Psikologi Pendidikan. [Online]. Tersedia: http//www.andragogi.com.

Hidayah. (2013). Hubungan Antara Emosi Positif Yang Dialami Mahasiswa Dengan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Fkip Unila Tahun Akademik 2011/2012. Jurnal Bimbingan Konseling Alibkin. Vol. 2 No.1.

Veenhoven. (2008). Healthy Happiness Effects of happiness on physical health and the consequences for preventive health care. Journal of Happiness Studie.

Otaghi, M., Sayehmeri, K., Valizadeh, R., & Tavan, H. (2020). Correlation Between Happiness and Academic Achievement in Iranian Students: A Meta-Analysis Letter. Shiraz E Medical Journal.

Tabboddi, M., Rahgozar, H., & Abadi, M. The Relationship between Happiness and Academic Achievements. European Online Journal of Natural and Social Sciences: Proceedings. Vol.4 No. 1.

Hurlock, Elizabeth B. 1997. Psikologi Perkembangan Suatu pendekatan rentang kehidupan. Edisi kelima. Jakarta: Erlangga

Rita Eka Izzaty, dkk. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.


Article Metrics

Abstract view : 430 times | PDF view : 95 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats