Perbandingan Hasil Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran Ekonomi Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing Dengan Ingkuiri Bebas di SMA Negeri 1 Liliriaja Kabupaten Soppeng
(1) STKIP Pembangunan Indonesia
(2) STKIP Pembangunan Indonesia
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v2i1.8027
Abstract
Model pembelajaran yang dipandang mampu mengembangkan hasil belajar dan pemahaman konsep siswa yaitu model pembelajaran inkuiri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) hasil belajar ekonomi siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Liliriaja Kabupaten Soppeng melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing, (2) hasil belajar ekonomi siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Liliriaja Kabupaten Soppeng melalui model pembelajaran inkuiri bebas, (3) perbedaan hasil belajar siswa antara kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuri terbimbing dengan kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri bebas Kelas X di SMA Negeri 1 Liliriaja Kabupaten Soppeng. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experiment dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XA dan XB di SMA Negeri 1 Liliriaja Kabupaten Soppeng yang berjumlah 60 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistic deskriptif dan analisis statistik inferensial. Uji homogenitas data diperoleh nilai sig sebesar 0,824 pada data hasil pre test, berarti nilai sig lebih besar dari nilai α = 0,05 (0,824 > 0,05). Dengan demikian H0 di terima. Begitupula nilai sig sebesar 0,336 pada data hasil post test, berarti nilai sig lebih besar dari nilai α = 0,05 (0,336 > 0,05). Dengan demikian H0 di terima. Maka dapat disimpulkan bahwa data hasil pre-test dan post test pada kelas inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas bersifat homogeny.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.
Creswell, John W. Research Design Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approachs. Amerika: Sage Publications, 2014.
Dimyati, and Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.
Ristanto. Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing dengan Multtimedia dan Lingkungan Riil Ditinjau dari Motivasi Berprestasi dan Kemampuan Awal. Surakarta: Universitas Sebelas Maret, 2010.
Sarjono, and Julianita. SPSS vs LISREL. Sebuah Pengantar Aplikasi untuk Riset. Jakarta: Salemba Empat, 2011.
Sarwoko. Statistik Inferensial untuk Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: Andi, 2008.
Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar . Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta, 2015.
Trianto. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana, 2010.
Trianto. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka, 2008.
Article Metrics
Abstract view : 281 times | PDF view : 50 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh :
Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id
085399235423
Phinisi Integration review telah terindex oleh :
Phinisi Integration review dilisensi oleh :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Phinisi Integration Review Editorial: