DOMINASI LELAKI TERHADAP PEREMPUAN DALAM KEPEMIMPINAN HMPS PENDIDIKAN SOSIOLOGI UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Andi Tenri Pada Agustang(1*), Rusman Rasyid(2), A Ramli Rasyid(3), Andi Yosi Adiwisastra Pasca Agustang(4), Hasruddin Nur(5),

(1) Universitas Khairun
(2) Universitas Khairun
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Sawerigading
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v7i2.63317

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis (1) kekuasaan lelaki yang mendominasi perempuan dalam memimpin HMPS Pendidikan Sosiologi (2) resistensi perempuan dominasi kekuasaan lelaki dalam HMPS Pendidikan Sosiologi beserta implikasi dari resistensinya. Guna mencapai tujuan tersebut maka penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian geneologi Foucaultdian. Pengumpulan data melalui observasi partisipatif strategi non-intervensi, wawancara non-struktur dan dokumentasi. Data-data kemudian dianalisis melalui teknik reduksi data, penyajian data, interpretasi dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kekuasaan lelaki mendominasi perempuan dalam memimpin HMPS Pendidikan Sosiologi dengan menempatkan perempuan hanya pada posisi bendahara umum dan bidang media dan informasi, serta bidang kewirausahaan, hal tersebut disebabkan oleh faktor intervensi lelaki alumni HMPS Pendidikan Sosiologi periode 2011-2012 sebagai senior menseminasikan wacana perempuan adalah “mahluk emosial”, perempuan tidak akurat dalam mengambil suatu keputusan” sehingga “kurang baik dijadikan sebagai pemimpin” (2) Resistensi yang dilakukan perempuan terhadap dominasi tersebut dengan cara membentuk bidang pemberdayaan perempuan, merumuskan pendidikan politik sebagai modal pengetahuan, dan membangun relasi kepada senior perempuan alumni HMPS Pendidikan Sosiologi sebagai modal sosial sehingga berimplikasi terhadap periode 2023-2024 perempuan dapat mencalonkan diri dan menjadi pemimpin HMPS Pendidikan Sosiologi.

This study aims to analyze (1) the power of men who dominate women in the leadership of HMPS Education Sociology. (2) the resistance of women to the domination of men's power in HMSP Education Sociology as well as the implications of its resistance. To achieve that goal, this study uses the Foucaultdian genealogy approach. Data is collected through participatory observations of non-intervention strategies, non-structural interviews, and documentation. The data is then analyzed through data reduction techniques, data presentation, interpretation, and conclusion drawings. The results of this study show that (1) male power dominates women in the leadership of HMPS Education Sociology by placing women only in positions of public treasury and the field of media and information, as well as in the area of entrepreneurship. This is due to the intervention factor of male alumni. HMSP Education sociology period 2011-2012 as senior nominating the discourse of women is “emotional inclusion," women are inaccurate in making a decision, so “less well made as a leader." (2) Resistance done by women against such domination by forming the fields of empowerment of women, formulating political education as the capital of knowledge, and building relationships with senior female alumni of HMPS Education Sociology as the social capital, thus implying that for the period 2023-2024, women can nominate themselves and become the general chair of HMPS Educational Sociology.


Keywords


Kekuasaan Lelaki; Dominasi Lelaki Terhadap Perempuan; Kepemimpinan; Male Power; Male Dominance Over Women; Leadership

Full Text:

PDF

References


Benita, F. (2021). Ketidaksetaraan Gender Sebagai Mediasi Pengaruh Budaya Patriarki terhadap partisipasi Perempuan pada posisi kepemimpinan dalam bisnis keluarga di Jawa timur Parsimonia-JurnalEkonomidanBisnis,8(2), 1-19.https://doi.org/10.33479/parsimonia.2021.8.2

Budiarta, I. W. (2022). Kepemimpinan Perempuan dalam Sistem Kekerabatan Purusa: Legitimasi Sejarah atas Kepemimpinan Politik Perempuan. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 8(1), 23-33. https://doi.org/10.23887/jiis.v8i1.40982

Hajis & Agustang. (2022). Partisipasi Perempuan Dalam Kepemimpinan HMPS Pendidikan Sosiologi FIS-H UNM. Sociology Education Studi Program, 2(3), 115 http://orcid.org/0000-0002-51672902

Dewi, P. A. (2012). Komunitas Fujoshi Di Kalangan Perempuan Indonesia. Lingua Cultura, 6(2), 173-182. https://doi.org/10.21512/lc.v6i2.404

Hidayah, A. (2021). Praktik Pendisiplinan Tubuh dan Resistensi Masyarakat Pelaku Usaha Wisata Bahari Pada Masa Pandemi Covid-19 di Pulau Derawan, Kabupaten Berau Kalimantan Timur. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 8(2), 136-147. https://doi.org/10.24036/scs.v8i2.341

Indiyastutik, S. (2016). Demokrasi Radikal Menurut Jacques Ranciere. Diskursus-Jurnal Filsafat dan Teologi STF Driyarkara, 15(2), 130-166. https://doi.org/10.26551/diskursus.v15i2.9

Listiani, W., Ahimsa-Putra, H. S., Simatupang, G. L. L., & Piliang, Y. A. (2013). Struktur Modal Pierre Bourdieu Pada Pelaku Kreatif Grafis Fashion Bandung. ATRAT: Jurnal Seni Rupa, 1(1). http://dx.doi.org/10.26742/atrat.v1i1.404

Litha, Awaru, Aulia, Muqmi, & Ramadhani. (2023) Strategi Pemberdayaan Perempuan Melalui Kelompok Wanita Nelayan Fatimah Azzarah Kota Makassar. Social Landscape Journal, 4(2), 74-81. https://doi.org/10.56680/slj.v4i2.50692

Ningtyas, E. (2015). Pierre Bourdieu, Language and Symbolic Power. Poetika: Jurnal Ilmu Sastra, 3(2). https://doi.org/10.22146/poetika.v3i2.10437

Polimpung. (2010). Psikoanalisis Paradoks Kedaulatan Kontemporer: Kasus Kebijakan Global War on Terror Amerika Serikat Semasa Pemerintahan George W Bush Jr. Tesis Program Pascasarjana Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia.

Sari, M. L., Cambah, T. M., & Melenia, H. (2022). Habitus, Modal, dan Arena Warga Desa Belanti Siam Dalam Pusaran Food Estate. Jurnal Teologi Pambelum, 2(1), 1-24. https://doi.org/10.59002/jtp.v2i2.29

Sopian, H. (2023). Tantangan Gender Dalam Pendidikan Islam di Pulau Lombok. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(05), 514-527. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i05.1844

Wibowo, A. A., Abdul, N. B., Syamsuri, A. S., & Nur, S. (2023). Eksistensi Komunitas Akar Sosial di Universitas Muhammadiyah Makassar (Kajian Relasi Kuasa Michel Foucault). Journal Socius Education, 1(1), 1- 11. https://doi.org/10.0505/jse.v1i1.407


Article Metrics

Abstract view : 20 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: [email protected]

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: