PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS SISWA KELAS V UPT SD NEGERI 8 BARANTI KABUPATEN SIDRAP

Shasliani Shasliani(1*), Yulia Yulia(2), Nurul Amalia(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v7i2.60768

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan belajar dan prestasi belajar siswa pada muatan IPS melalui penerapan model pembelajaran word square. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif. Proses pembelajaran pada siklus I menunjukkan aktivitas guru berada pada kategori baik (B), aktivitas siswa berada pada kategori cukup (C), dan hasil belajar siswa berada pada kategori cukup (C). Proses pembelajaran siklus II menunjukkan proses aktivitas guru dan siswa baik (B), dan hasil belajar siswa juga baik (B). Proses pembelajaran siklus III menunjukkan proses aktivitas guru, proses aktivitas siswa dan hasil belajar juga baik (B). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran word square dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada muatan IPS yang berkaitan dengan peristiwa kebangsaan pada masa penjajahan di Kelas V UPT SD Negeri 8 Baranti Kabupaten Sidrap.

The purpose of this research is to determine whether there is an improvement in process and whether students learn more about social studies content when they use the word square learning model. Using classroom action research as its methodology, this study adopted a qualitative approach. Information was gathered through the use of observational methods, tests, and documentation. The data was analyzed using qualitative approaches. Students' activities and learning outcomes were categorized as sufficient (C) according to the first cycle's results, while the teacher's and students' actions were categorized as good (B). Among the learning outcomes (B) for cycle II, teacher and student engagement ranks highest. Based on the results of cycle III, which demonstrate teacher and student engagement as well as a good grade (B), we can conclude that the word square learning model can enhance the process and student learning outcomes in IPS content related to national events during the colonial period in class V at UPT SD Negeri 8 Baranti Sidrap Regency.


Keywords


Model Pembelajaran Word Square; Hasil Belajar; Word Square Learning Model; Learning Achievement.

Full Text:

PDF

References


Aunurrahman. (2016). Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Ayuningtyas, N. M. D., Darsana, I.W., & Kristiantari, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia. Vol. 9 (1): 92-105.

Burhan, N., Munir, M. M., & Widiyono, A. (2022). Pengaruh Model Word Square Terhadap Aktivitas Belajar IPA Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Journal On Teacher Education, Vol. 3 (3): 374-380.

Kumalasari, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas III SD Inpres Tinggimae Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Skripsi. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Maryam, S., Djabba, R., Rahman, S., Guru, P., & Dasar, S. (n.d.). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sifat-Sifat Cahaya Siswa. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, Vol. 6 (2).

Parnawi, A. (2020). Penelitian Tindakan Kelas (Classromm Actinon Research). In Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol.4 (3), 662-672.

Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.

Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.

Rahayu, N., Ruskandi, K., & Wahyudin, D. (2021). Analisis Minat Belajar Siswpada Pembelajaran IPS Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikanguru Sekolah Dasar, 5(2), 71–80.

Sinambela, P., Arif, Asti.F., Nora. S., Mohammad. F., Winda. N., Elvi. T. B. S., Chairunnisa, Desty. E. S., & Dewi. M. (2022). Model-Model Pembelajaran. Banten: Sada Kurnia Pustaka.

Suartika, I. K. A., Ardana, I. K., & Wiarta, I. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Word Square Berbasis Kearifan Lokal terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. International Journal of Elementary Education, Vol. 3 (1), 53-61.

Wahyuningsih, S. (2023). Asyiknya Belajar Fisika Materi Medan Magnet Dengan Media Word Square Dan Teka Teki Silang. Nusa Tenggara Barat: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.


Article Metrics

Abstract view : 11 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: [email protected]

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: