PENERAPAN PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF POWTOON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR

Nur Afriani Amalia(1*), Badruddin Kaddas(2), Ira Irviana(3),

(1) Universitas Islam Makassar
(2) Universitas Islam Makassar
(3) Universitas Islam Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v7i2.59505

Abstract


This research aims to determine (1) the application of video-based interactive multimedia learning media assisted by the Powtoon application in science subjects (2) improving student learning outcomes through video-based interactive multimedia learning media assisted by the Powtoon application in science subjects for elementary school students. This research uses Classroom Action Research. The research objects are Class V elementary school students. Data sources in this research are interviews, observations, tests and documentation. The data in this research were analyzed using descriptive quantitative statistical analysis. Based on the research that has been carried out, the results obtained (1) through the application of Powtoon media can help teachers create interesting, unique and interactive learning media in the classroom learning process (2) Based on the results of the first cycle and second cycle tests, namely, from 25 students declared to meet the KKM. This research has implications that through the application of video-based interactive multimedia learning media, learning in the classroom takes place actively and interactively, students appear more enthusiastic and motivated to pay attention to what is displayed and explained directly by the teacher. This can certainly improve student learning outcomes, especially in Natural Sciences (Science) subjects.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis video berbantuan aplikasi powtoon pada mata pelajaran IPA (2) peningkatan hasil belajar siswa melalui media pembelajaran multimedia interaktif berbasis video berbantuan aplikasi powtoon pada mata pelajaran IPA Siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Adapun objek penelitiannya adalah siswa Kelas V Sekolah Dasar. Sumber data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan analisis statistic secara kuantitatif deskriptif.  Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan memperoleh hasil (1) melalui penerapan media powtoon dapat membantu guru dalam membuat media pembelajaran yang menarik, unik dan interaktif di dalam proses pembelajaran di kelas (2) Berdasarkan hasil tes siklus I dan siklus II yaitu, dari 25 orang siswa dinyatakan memenuhi KKM. Penelitian ini berimplikasi pada melalui penerapan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis video, pembelajaran di dalam keilas beirlangsung seicara aktif dan inteiraktif siswa teirlihat leibih antusias dan teirmoitivasi untuk meimpeirhatikan apa yang ditampilkan dan dijeilaskan seicara langsung oileih guru. Hal ini tentunya dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).


Keywords


Powtoon Media; Natural Sciences (IPA); Learning Outcomes; Media Powtoon; Ilmu Pengetahuan Alam (IPA); Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Agasi, Diren, Nur Azmi Alwi, and Yulia Maulani. 2021. “Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Menggunakan Media Powtoon Di Kelas Iv Sekolah Dasar.” Jurnal Cerdas Proklamator 9 (2): 38–44. https://doi.org/10.37301/cerdas.v9i2.93.

Belajar, Hasil, Siswa Pada, and Mata Pelajaran. 2019. “Jurnal Cakrawala Pendas” 5 (1): 45–52.

Deliviana, Evi. 2017. “Aplikasi PowToon Sebagai Media Pembelajaran : Manfaat Dan Problematikanya.” Journal of Chemical Information and Modeling 6 (1): 1689–99.

Dewi Astiti, Nyoman, Luh Putu, Putrini Mahadewi, I Made Suarjana, and Kata Kunci. 2021. “Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA A R T I C L E I N F O.” Jurnal Mimbar Ilmu 26 (2): 193–203. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI.

Donna, Rama, Asep Sukenda Egok, and Riduan Febriandi. 2021. “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Powtoon Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5 (5): 3799–3813. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1382.

Dwinata, Anggara, Emy Yunita Rahma Pratiwi, and Ratih Asmarani. 2022. “Natural Science Contextual Learning Ecosystem Materials For Class V Elementary School Students.” IJPSE : Indonesian Journal of Primary Science Education 3 (1): 174–83. https://doi.org/10.33752/ijpse.v3i1.3287.

Fitra, Julsyam, and Hasan Maksum. 2021. “Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Dengan Aplikasi Powntoon Pada Mata Pelajaran Bimbingan TIK.” Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran 4 (1): 1. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.31524.

Fitria, Happy, Muhammad Kristiawan, Nur Rahmat, Jurusan Manajemen Pendidikan, Kota Palembang, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, et al. 2019. “UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU” 4 (1): 14–25.

Hidayat, Ferdi. 2021. “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual Powtoon Pada Siswa SDN 65 Seluma,” 1–76.

Hussein Onn, Tun, Nur Fatin Shamimi Che Ibrahim, Nur Farahkhanna Mohd Rusli, Mohd Ra, in Shaari, and Kesavan Nallaluthan. n.d. “Persepsi Siswa Terhadap Aplikasi Multimedia Interaktif Dalam Proses Belajar Mengajar Abad 21 Persepsi Siswa Terhadap Aplikasi Multimedia Interaktif Pada Proses Belajar Mengajar Abad 21.” https://doi.org/10.30880/ojtp.2021.06.01.003.

Irmayanti, I. 2022. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Animasi Berbasis Powtoon Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SDN 66 Batu Rape Kabupaten Enrekang.” Jurnal Literasi Digital 2 (2): 102–9.

Komalasari, Kokom, and Rahmat. 2019. “Living Values Based Interactive Multimedia in Civic Education Learning.” International Journal of Instruction 12 (1): 113–26. https://doi.org/10.29333/iji.2019.1218a.

Laili, Chantika Nur, I Ketut Mahardika, and Zainur Rasyid Ridlo. 2022. “Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Powtoon Disertai Lkpd Terhadap Hasil Belajar Siswa Smp.” Jurnal Pendidikan Fisika 11 (1): 26. https://doi.org/10.24114/jpf.v11i1.34607.

Miudi, Intan Alia, and Supriansyah Supriansyah. 2023. “Pengaruh Media Video Animasi Powtoon Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV SDN Pejaten Timur 01.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 7 (1): 372–79. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1670.

N.K.A. Sutami, I.B.P. Arnyana, and N. Dantes. 2021. “Pengembangan Instrumen Hasil Belajar Ipa Dan Kemampuan Metakognitif Siswa Kelas V Sd.” Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia 11 (1): 51–60. https://doi.org/10.23887/jpepi.v11i1.248.

Pembelajaran, Media, and Software Potoon. 2022. “Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Menggunakan Software Powtoon Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel” 2 (3): 1–13.

Pengajar, Staf, Jurusan Pendidikan, and Universitas Negeri Yogyakarta. 2008. “Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi – Universitas Negeri Yogyakarta 87” VI (1): 87–93.

Sari, Sinta Merta, and Ni Nyoman Ganing. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Ekosistem Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru 4 (2): 288–98. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.32848.

Sholihah, I. N. M., and T. Handayani. 2020. “Pemanfaatan Powtoon Sebagai Media Bimbingan Klasikal Pada Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj).” PD ABKIN JATIM Open Journal System 1 (2): 50–58.

Sudarsono, Blasius. 2017. “Memahami Dokumentasi.” Acarya Pustaka 3 (1): 47. https://doi.org/10.23887/ap.v3i1.12735.

Tafani, Tafani, and Agus Kamaludin. 2023. “Development of PowToon Animation Video on Joyful Learning Loaded Reaction Rate Material to Increase High School Students’ Learning Motivation.” Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran 9 (1): 258. https://doi.org/10.33394/jk.v9i1.7057.

Tarmidzi, Tarmidzi, Nailah Tresnawati, and Kuspita Sari. 2022. “Desain Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Powtoon Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Sains Dan Konsep Diri Siswa Kelas V SD.” Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar 5 (1): 82. https://doi.org/10.33603/caruban.v5i1.6419.

Wulandari, Amalia Rizki, Masturi Masturi, and Fina Fakhriyah. 2021. “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Youtube Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Di Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3 (6): 3779–85. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1251.

Yuliati, D., Santoso., Setiadi, G. 2022. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Powtoon Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Materi IPS Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Kecamatan Cluwak Kabupaten Pat.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 8 (20): 132–44.

Zhang, Huilong. 2021. “Penggunaan Aplikasi Powtoon Dalam Pembelajaran Video Untuk Siswa Sekolah Penggunaan Aplikasi Powtoon Dalam Video Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar.” https://doi.org/10.1088/1742-6596/1783/1/012115.


Article Metrics

Abstract view : 29 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: [email protected]

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: