PENGARUH PENGGUNAAN GAWAI TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK SISWA KELAS V UPTD SD NEGERI 28 PAREPARE

Natriani Syam(1*), Usman Usman(2), Nur Ainun Azizah Syam(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v6i2.47739

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis ex post facto dengan tipe korelasional yang bertujuan untuk mengetahui gambaran penggunaan gawai dan perkembangan sosial anak serta pengaruh penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial anak siswa kelas V UPTD SD Negeri 28 Parepare. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan gawai, sedangkan variabel terikat perkembangan sosial anak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V UPTD SD Negeri 28 Parepare yang berjumlah 84 orang , sedangkan sampelnya sebanyak 69 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu proporsional random sampling. Data hasil penelitian diperoleh dengan membagikan angket penggunaan gadget dan angket perekembangan sosial anak. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif diperoleh penggunaan gawai tergolong tinggi dengan persentase 52% dan perkembangan sosial anak tergolong sedang dengan persentase 83%. Dari hasil analisis inferensial diperoleh nilai sig. 0.000 < 0.05 atau H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti bahwa pengaruh penggunaan gawai berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perkembangan sosial anak.

This research is a quantitative ex post facto research with a correlational type which aims to describe the use of gadgets and social development of children and the effect of using gadgets on the social development of children in grade V UPTD SD Negeri 28 Parepare. The independent variable in this study is the use of gadgets, while the dependent variable is children's social development. The population in this study were all students of class V UPTD SD Negeri 28 Parepare, totaling 84 people, while the sample was 69 people with a sampling technique that is proportional random sampling. Data from the research results were obtained by distributing questionnaires on the use of gadgets and questionnaires on children's social development. The data analysis technique used is descriptive analysis, it is obtained that the use of gadgets is classified as high with a percentage of 52% and the social development of children is classified as moderate with a percentage of 83%. From the results of inferential analysis, the sig. 0.000 < 0.05 or H0 is rejected and H1 is accepted, which means that the effect of using gadgets has a and significant effect negative on children's social development.


Keywords


Penggunaan Gawai; Perkembangan Sosial Anak; Gadget Use; Children's Social Development

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Chikmah, A.M, Fitrianingsih D, 2018. Pengaruh Durasi Penggunaan Gadget Terhadap Masalah Mental Emosional Anak Pra Sekolah di TK Pembina Kota Tegal. Jurnal Siklus, 7(2), 11

Hardianti, N. (2018). Analisis dampak gadget terhadap perkembangan sosial anak SDN 11 Sepit (Doctoral dissertation,Universitas Hamzanwadi).

Iswidharmanjaya, D. (2014). Bila Si Kecil Bermain Gadget: Panduan bagi orang tua untuk memahami factor-faktor penyebab anak kecanduan gadget (Vol. 1). Bisakimia.

Ismail, H. F. (2018). Statistika untuk penelitian pendidikan dan ilmu-ilmu sosial. Kencana.

Manumpil, B., Ismanto, A. Y., & Onibala, F. (2015). Hubungan penggunaan gadget dengan tingkat prestasi siswa di SMA Negeri 9 Manado. Jurnal Keperawatan, 3(2).

Mukhid, A. (2021). Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Surabaya:

CV. Jakad Media Publishing.

Nurrachmawati, 2014. Pengaruh sistem operasi mobile android pada anak usia dini. Jurnal pengaruh system operasi mobile android pada anak usia dini. Jurnal Pengaruh Sistem Operasi Mobile Android Pada Anak Usia Dini. Makasar: FT Universitas Hasanuddin.

Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1-11.

Pangastuti R, 2017. Fenomena Gadget Dan Perkembangan Sosial Bagi Anak Usia dini. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education Vol.2 No.2

Desember 2017

Putri, R. A. (2018). Dampak Penggunaan Smartphone Terhadap Perkembangan Prestasi Motorik dan Emosional Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar di Air Teluk Kiri Kecamatan Teluk Dalam Kab.Asahan. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Salsabila, S. (2016). Pengaruh lama penggunaan gadget terhadap perkembangan anak di TK Al-Azhar Banda Aceh. Skripsi, Fakultas Kedokteran, Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.

WARISYAH, Yusmi. Pentingnya “pendampingan dialogis” orang tua dalam penggunaan gadget pada anak usia dini. In: Seminar Nasional Pendidikan 2015. 2019. p. 130-138.

Widiawati & Sugiman. 2014. Pengaruh penggunaan gadget terhadap daya kembang anak. Diakses darihttp://stmikglobal.ac.id/wpcontent/upl oads/2014/05/ARTIKELIIS.pdf pada tanggal 18 Oktober 2015

Fauziyah, H. N & Widya. (2022). Dampak Pola Asuh Orang Tua Dan Intensitas Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Sekolah Dasar (Studi Kasus Di Dukuh Gelang Sukosari Babadan Ponorogo) (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Rideout V. 2015. Zero To Eight: Electronic Media Inthe Lives Of Infants, Toddlers And Preschoolers. Common Sense Media Research Study Sunita.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Yusuf, Syamsu & Sugandi Nani M, 2013. Perkembangan Peserta Didik, PT Rajagrafindo Persada, Jakarta.

Yayasan Bangun Kecerdasan Bangsa. (2019). Dampak Positif dan Negatif Smartphone dalam Dunia Pendidikan. Yayasan Bangun Kecerdasan Bangsa.


Article Metrics

Abstract view : 194 times | DOWNLOAD PDF view : 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: [email protected]

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: