PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPECOURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS V UPTD SDN 195 BARRU

Muslimin Muslimin(1*), St Maryam M(2), Sartika Sartika(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v6i2.47738

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya proses dan hasil belajar siswa kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah PTK. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru dan siswa kelas V UPTD SDN 195 Barru yang berjumlah 13 siswa terdiri dari 7 laki-laki dan 6 perempuan, Berdasarkan pengamatan terhadap guru pada siklus I dan siklus II taraf keberhasilan yang didapat yaitu kategori baik (B). Begitu juga dengan aktivitas siswa selama proses pembelajaran pada siklus I dan siklus II sudah berjalan dengan baik sehingga diperoleh kategori baik (B. siklus I dengan nilai rata-rata hasil belajar yang diperoleh siswa berkategori (C), pada siklus II kembali mengalami peningkatan dengan kategori baik (B). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan penerapan model pembe lajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa tentang interaksi manusia di kelas V UPTD SDN 195 Barru.

The problem in this study is the low process and learning outcomes of class V students. This study aims to determine the improvement of student learning processes and outcomes. This study uses a qualitative approach and the type of research used is PTK. The subjects in this study were teachers and fifth grade students of UPTD SDN 195 Barru for the 2022/2023 academic year, a total of 13 students consisting of 7 boys and 6 girls. Based on observations of teachers in cycle I and cycle II, the level of success obtained was the category good (B). Likewise with student activities during the learning process in cycle I and cycle II which have been going well so that good categories are obtained (B. cycle I with the average value of learning outcomes obtained by students in the category (C), in cycle II it has again increased with the category good (B) The conclusion in this study is that the application of the make a match type of cooperative learning model can improve the process and student learning outcomes regarding human interaction in class V UPTD SDN 195 Barru.


Keywords


Model; Pembelajaran; Kooperatif Tipe Course Review Horay; Pengumpulan Data; Hasil Belajar; Course Review Horay Cooperative Type; Learning; Model; Data Collection; Learning Outcomes

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Amalia, V., Tuken, R., & Halik, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Soppeng. Pinisi Journal of Education, 1(1), 43–59.

Andini, S. R., Firman, F., & Desyandri, D. (2021). Analisis Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) sebagai Model Inovatif yang Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Siswa SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10078–10084.

Fatmawati, Hasan, K., & Nurjannah. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Kelas Empat di kabupaten Sidrap. Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 1(2), 107–121.

Halidin, & Ansar. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Matmatika Siswa. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1067–1075.

Kawanan, E., Lukman, & Zaid Zainal. (2021). Evaluasi Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Tingkat Sekolah Dasar Di Kabupaten Tana Toraja. 1(1), 69–75.

Kusfabianto, I. J., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD. Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 3(2), 87–92.

Maryam St M, Zainal, Z., & Sari Bunga. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 26 Parepare. Jurnal Pendidikan Universitas Makassar.

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Setiawan, Y. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika SD Berbasis Permainan Tradisional Indonesia dan Pendekatan Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 12–21.


Article Metrics

Abstract view : 109 times | DOWNLOAD PDF view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: